Sabtu, 12 Februari 2011

Catatan Serial Tentang Dunia Hipnotis

LEARNING ABOUT HYPNOSIS

Hipnotis dapat dipelajari oleh siapapun juga yang tidak memiliki hambatan komunikasi dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Secara umum, hipnotis adalah suatu seni penyampaian “pesan” agar dapat diterima oleh orang lain, dan berlanjut menjadi tindakan sesuai dengan yang dimaksudkan oleh pesan tersebut.

Hipnotis adalah suatu seni komunikasi persuasif untuk menyampaikan pesan ke “Pusat Motivasi” orang lain, sehingga dapat “menggerakkan” orang lain tersebut ke arah tujuan yang dimaksud.

“Pusat Motivasi” adalah sesuatu yang terdapat dalam diri setiap manusia yang disebut dengan “Pikiran Bawah Sadar”, yang merupakan salah satu bagian pikiran yang memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda dengan pikiran biasa.

Hipnotis adalah suatu seni komunikasi persuasif untuk menyampaikan pesan ke “Pusat Motivasi” orang lain, sehingga dapat “menggerakkan” orang lain tersebut ke arah tujuan yang dimaksud.

“Pusat Motivasi” adalah sesuatu yang terdapat dalam diri setiap manusia yang disebut dengan “Pikiran Bawah Sadar”, yang merupakan salah satu bagian pikiran yang memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda dengan pikiran biasa.

Pikiran manusia terdiri dari bagian “Pikiran Sadar” dan bagian “Pikiran Bawah Sadar”.

Pola pikir dan tindakan manusia dipengaruhi oleh pikiran sadar (12%) dan pikiran bawah sadar (88%).
Pikiran bawah sadar tidak melakukan penalaran secara kritis, sehingga tidak mudah membedakan apakah suatu informasi yang masuk adalah “benar” atau salah”.

Setiap orang adalah unik, sehingga setiap orang merespon hipnotis dengan cara yang berbeda-beda.
Untuk dapat dihipnotis seseorang harus mau (tidak menolak), memahami komunikasi, dan memiliki kemampuan untuk fokus.

Secara alamiah terdapat 3 kelompok Subyek, yaitu mereka yang mudah menerima hipnotis (10%), mereka yang moderat (85%), dan mereka yang sulit (5%).

MANFAAT HYPNOSIS

1. Menciptakan ketenangan dan relaksasi
2. Memperkuat motivasi, konsentrasi dan daya ingat
3. Mengatasi stress dan depresi
4. Mengatasi trauma
5. Melepaskan berbagai kecanduan (narkoba, alkohol, judi, rokok dll )
6. Memperkuat rasa percaya diri
7. Mengendalikan bahkan menghilangkan rasa sakit
8. Membantu persalinan alami yang aman dan bebas rasa sakit
9. Menghilangkan phobia
10. Mengatasi insomnia dan hipersomnia
11. Melakukan edukasi ulang terhadap emosi negatif
12. Membantu proses penyembuhan penyakit medis
13. Mengatur berat badan (dengan pola hidup sehat)
14. Menurunkan tekanan darah
15. Mengubah kebiasaan buruk
16. Mengatasi masalah kepribadian
17. Dan mengatasi berbagai masalah fisik yang dipengaruhi faktor
psikis.

ISTILAH DALAM DUNIA HYPNOSIS

- Hypnosis / Hypnotism = Boleh diartikan sebagai ilmu untuk menghipnotis.
- Hypnotist = Orang yang melakukan hipnosis atau "juru hypnosis".
- Hypnotherapy (hipnoterapi) = Aplikasi hypnosis untuk terapi pengobatan.
- Hypnotherapist = Orang yang ahli menggunakan hypnosis untuk terapi.
- Subyek / Klien / Suyet = Orang yang dihipnotis.
- Sugesti = Perintah atau saran yang diberikan hypnotist kepada subjek.
- Emosi = Perasaan. Perlu dipahami, kata "emosi" dalam bahasa percakapan orang Indonesia diartikan sebagai "kondisi marah". Namun arti sebenarnya emosi adalah perasaan. Emosi digunakan untuk menyebut semua jenis perasaan. Senang, bahagia, sakit, sedih, kecewa, takut dan marah adalah jenis-jenis emosi.

RAGAM HIPNOTIS

1. Clinical Hypnosis / Hypnotherapy
Cabang hypnosis yang digunakan untuk tujuan terapi dan membantu proses penyembuhan masalah mental, pikiran dan berbagai masalah fisik yang timbul akibat pengaruh faktor psikis.
2. Stage Hypnosis
Cabang hypnosis yang digunakan untuk tujuan hiburan, lebih dikenal dengan sebutan hypnosis panggung. Biasanya Subyek yang dipakai adalah Subyek yang sudah dilatih untuk menerima sugesti tertentu atau dari penonton dengan menggunakan teknik seleksi tertentu.
3. Forensic Hypnosis
Cabang hypnosis yang digunakan untuk tujuan investigasi, penyelidikan atau hal lain yang berhubungan dengan eksplorasi ingatan manusia akan suatu informasi terpendam yang dibutuhkan.
4. Metaphysical Hypnosis
Satu-satunya cabang hypnosis yang belum sepenuhnya terjangkau oleh logika manusia. Kebanyakan masih berupa teori maupun tindakan eksperimental yang kurang bisa dianalisa faktor pemicu dan penghambatnya. Metaphisical hypnosis biasanya masih dikaitkan dengan kekuatan magis dan hal-hal lain yang berbau mistis.

FENOMENA HIPNOTIS

Fenomena hipnotis adalah model yang membagi pikiran menjadi 2 bagian utama, yaitu : Pikiran Sadar (Conscious Mind), dan Pikiran Bawah Sadar (Sub-Conscious Mind).

PikiranSadar
Inilah area yang mungkin selama ini kita anggap sebagai “pikiran” kita. Di area inilah kita menganggap diri kita berpikir secara rasional dan logis.

PikiranBawahSadar
Adalah area pikiran yang jauh “tersimpan” dalam diri kita, mirip dengan data yang terdapat di harddisk sebuah komputer, dimana harddisk ini berisikan aneka data yang kita serap di sepanjang hidup kita, data yang berasal dari berbagai sumber, data yang bisa saja benar, dan bisa saja salah. Bagi Pikiran Bawah Sadar seluruh data yang sudah “terlanjur” masuk akan dianggap sebagai data yang benar atau memberikan pengaruh teradap setiap tindakan kita.

Demikian serial informasi berkenaan dengan dunia hipnotis. Semoga bermanfaat. Be the Great Master.