Sabtu, 19 Februari 2011

Serial Hypnosis : Sugestion dan Terminasi


SUGGESTION 

ATURAN SUGESTI 

Sugesti merupakan bagian inti atau tujuan dilakukannya proses  hypnosis, yaitu memberi saran positif kepada alam bawah sadar agar bisa  langsung diterima dan memberi manfaat kepada klien. Bagian yang sangat penting ini juga mempunyai beberapa aturan yang harus dipenuhi agar  diperoleh hasil yang maksimal. Kesalahan dalam pemilihan kalimat sugesti  bisa merugikan klien dan sebaliknya pemilihan kalimat sugesti yang tepat  memberikan hasil yang maksimal. 


Karena tanpa kritikan, maka sugesti yang diberikan dalam trance  mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi klien sepuluh kali lebih kuat  daripada sugesti yang diberikan saat klien dalam kesadaran normal. 

1. BAHASA 

Karena hypnosis merupakan bentuk teknik komunikasi maka  bahasa memegang peranan yang sangat penting, Selain itu bahasa  yang digunakan dalam proses hypnosis haris memenuhi kriteria  berikut ini : 
·         Singkat dan jelas
·         Mudah dipahami klien 
·         Disesuaikan tingkat intelektualitas klien   

Setiap klien mempunyai tingkat pemahaman kalimat yang  berbeda sehingga hypnotist harus bisa membuat sugesti  sesederhana mungkin untuk klien. 

2. ARTI TUNGGAL    

Pikiran bawah sadar menerima informasi apapun dalam bentuk  mentah dan tidak dijabarkan lagi sehingga penggunaan kalimat  sugesti sebaiknya : 

Hanya memiliki satu arti 
Hindari penggunaan kiasan 

3. KALIMAT AKTIF  

Pikiran bawah sadar menerima semua informasi apapun yang  m\asuk kedalamnya tetapi hanya kalimat aktif yang bisa diterima  dan dijalankan oleh pikiran bawah sadar. Kalimat aktif adalah  kalimat yang berorirentasi hasil dan menghindari penggunaan kata : 
Jangan 
Akan 
Bukan 
Tidak    

Kata-kata diatas menghilang di pikiran bawah sadar, contoh :  “Mulai sekarang saya bukan penakut” kalimat tersebut diterima  oleh pikiran bawah sadar sebagai “ Mulai sekarang saya penakut”  dan inilah yang dijalankan oleh pikiran bawah sadar kita. Seharusnya  kalimat tersebut dirubah menjadi “Mulai sekarang saya  pemberani”. 

Bayangkan saja ditengah gencarnya usaha pemerintah dan  masyarakat dalam penanggulangan narkoba, kita bisa menemui  ribuan poster, iklan dan selebaran yang dengan jelas bertuliskan  “Katakan tidak pada narkoba!”. Sekarang dengan pengetahuan ini  anda bisa menilai sendiri apakah kalimat tersebut merupakan bentuk  larangan atau ajakan untuk memakai narkoba? 

Poin ini sangat penting agar kita bisa melakukan niat baik dengan  cara yang benar. Anda bisa mendapatkan berbagai skrip sugesti  hypnosis di buku-buku, internet atau berbagai workshop yang ada  tetapi ingatlah untuk selalu meneliti penggunaan kata jangan, akan,  bukan, tidak dan mengoreksinya untuk kebaikan anda karena saat ini  banyak beredar literatur yang mengabaikan prinsip penggunaan  kalimat aktif. 

4. SEKARANG    

Pikiran bawah sadar mempunyai sikap kekanak-kanakan dan  tergesa-gesa dalam menghadapi masalah. Pikiran bawah sadar selalu  membutuhkan solusi “sekarang juga” tanpa melihat dampak solusi  tersebut di masa mendatang. Untuk memudahkan penerimaan  pikiran bawah sadar sebaiknya anda awali kalimat sugesti anda  dengan : 

Mulai sekarang dan seterusnya… 
Anda sudah… 
Anda sedang … 

Penggunaan kata-kata di atas ditujukan agar klien merasa bahwa  dirinya sedang mewujudkan suatu proses penyelesaian masalah atau  bahkan sudah menyelesaikannya. 

5. MENGUNTUNGKAN    

Sudah menjadi watak manusia untuk menguntungkan dirinya dan  menghindari kerugian. Untuk itu kalimat sugesti harus membuat  klien merasa diuntungkan. 

6. BERULANG    

Sugesti yang diterima berulang-ulang tentunya menghasilkan  pengaruh yang lebih kuat pada diri klien. Pengulangan sugesti yang  saya maksudkan berbeda dengan pengulangan lisan tetapi  pengulangan respon klien terhadap sugesti dengan teknik  posthypnotik (lihat pembahasan posthypnotik). Dalam trance, kita  bisa meminta klien mensugesti dirinya sendiri berulang-ulang untuk  hasil maksimal. 

7. PASTI    

Kalimat sugesti harus berisi kepastian dan menimbulkan harapan  nyata. Untuk menciptakan kalimat pasti yang menimbaulkan harapan  nyata sebaiknya hindari penggunaan kata mungkin, seandainya,  mudah-mudahan, semoga dll. 

8. ISI SUGESTI    

Pada keadaan tertentu dibutuhkan pertolongan hypnotist untuk  membuat sugesti yang tepat sesuai kebutuhan klien. Tetapi klien  juga bisa membuat sendiri sugestinya dan hypnotist hanya bertugas  menanamkannya di pikiran bawah sadar tetapi tentu saja sugesti  tersebut sudah diedit dan disesuaikan dengan konsep sugesti yang  ada. 

Pada awalnya mungkin anda merasa agak kesulitan membuat skrip  sugesti dengan spontan tetapi dengan sering berlatih maka masalah ini  bisa teratasi. Untuk tujuan berlatih anda juga bisa membaca skrip yang  sudah anda buat sebelum proses hypnosis dimulai. Dengan membaca skrip  tersebut diharapkan anda bisa meminimalkan kesalahan penerapan konsep  sugesti. 

Sugesti positif dalam hypnosis bisa membantu klien dalam mencapai  suatu tujuan. Tetapi ada beberapa hal yang harus dihindari sehubungan  dengan penggunaan sugesti, yaitu : 

-MENGHILANGKAN GEJALA MEDIS 
Contoh : Menghilangkan sakit pinggang pada penderita batu  ginjal tanpa penanganan medis bukanlah hal yang bijaksana. Jika  klien merasa sudah sembuh hanya dengan bantuan hypnosis, maka  batu ginjalnya yang belum diobati bisa semakin parah tanpa disadari  olehnya. 

-BERTENTANGAN DENGAN NORMA  
Hanya masukkan sugesti sesuai kesepakatan dengan klien. 

Sugesti yang kita buat juga harus sesuai dengan norma yang dianut  klien. Jika sugesti yang dimasukkan bertentangan dengan norma  klien maka sugesti tersebut akan ditolak oleh pikiran bawah sadar. 

Pada posting lain dari blog ini aka nada beberapa contoh  teknik pemberian sugesti untuk berbagai keperluan sedangkan kalimat  sugestinya anda buat sendiri sesuai aturan sugesti. 

POST HYPNOTIK 

Post hypnotik merupakan bentuk sugesti yang dijalankan klien pada   keadaan khusus setelah lepas dari trance. Sugesti post hypnotik biasanya   disiapkan untuk menciptakan respon pada keadaan tertentu dengan sebuah   syarat untuk membuatnya bereaksi dengan maksimal. Contohnya jika ada   seorang klien yang sudah anda tanamkan sugesti untuk ketenangan saat   berbicara didepan banyak orang tentunya baru bisa menjalankan isi   sugesti tersebut saat mengalami keadaan hrus berbicara dihadapan   banyak orang.  

Berikut ini adalah contoh sugesti post hypnotik untuk mempermudah   pencapaian trance bagi klien di masa mendatang.  

Nikmati relaksasi yang anda alami saat ini.   Anda menjadi semakin nyaman, semakin santai pada setiap tarikan   napas anda   Saya sentuh pundak kanan anda     (sentuh pundak kanan klien)   Mulai sekarang dan seterusnya, jika anda ingin kembali merasakan   relaksasi yang anda alami seperti saat ini   Kapanpun saya menyentuh pundak kanan anda maka itu adalah tanda   bahwa anda segera menutup mata dan dengan cepat anda kembali   merasakan alam relaksasi seperti yang anda rasakan saat ini atau   bahkan lebih  dalam   Jika anda mengerti anggukkan kepala anda     (tunggu respon klien)   

Bagus, jadi mulai sekarang dan seterusnya   Anda masuki alam relaksasi yang sangat dalam bahkan lebih dalam   dari yang anda rasakan  saat ini setiap kali saya menyentuh pundak   kanan anda   Dengan cepat anda kembali ke alam relaksasi ini setiap kali saya   sentuh pundak kanan anda  

Contoh skrip diatas juga bisa dipakai untuk membangunkan klien   atau terminasi yaitu dengan memberikan tanda sentuhan di pundak kiri   yang berarti klien bersiap keluar dari keadaan trance dengan cepat dan   aman. Semakin sering post hypnosis ini dijalankan tentunya respon dari   klien juga semakin cepat jadi untuk klien yng sering menerima post   hypnotik tentunya bisa mencapai trane dalam waktu yang semakin singkat   pada setiap induksi yang diterimanya. Penggunaan post hypnotik sangat   penting terutama untuk menanbah kepercayaan dan kenyamanan klien juga   untuk menghemat waktu induksi.  

TERMINASI 

Terminasi adalah proses terakhir dalam hypnosis dimana klien   keluar dari trance. Saat anda selesai mempelajari terminasi maka anda   sudah siap untuk mulai berlatih mempraktikkan hypnosis. Meskipun   demikian sangat saya anjurkan untuk mempelajari buku ini sampai bab   terkhir sebelum anda memutuskan mulai berlatih. Semakin banyak konsep   yang anda pahami maka semakin mudah mempraktikkan isi buku ini.  
Saat malakukan terminasi, harus diingat untuk menormalkan kembali   fungsi fisik dan pikiran klien. Terkadang emosi dan yang tercipta saat   trance bisa terbawa sampai klien sadar apabila belum dinetralkan.  

TERMINASI BERTAHAP  

Semua orang butuh waktu untuk mencapai trance begitu pula butuh   waktu untuk terlepas dari trance. Trance bisa dianggap sebagai   perbatasan alam tidur dan terjaga tetapi lebih cenderung pada istirahat   fisik dan mental. Terminasi bisa saja dilakukan dengan cepat seperti   membangunkan orang yang tertidur tetapi tentu saja klien bisa merasa   kurang nyaman atau bahkan belum siap untuk kembali menuju kesadaran   normal.

Di bawah ini adalah contoh skrip Terminasi Bertahap yang relatif   aman digunakan untuk membangunkan klien :  

Saya hitung dari satu sampai lima  
Tepat pada hitungan ke lima nanti, anda buka mata anda, anda   bangun dalam keadaan yang lebih segar dan bersemangat dari   sebelumnya     Saya mulai hitung  
Satu, seluruh tubuh anda normal kembali  
Anda mulai mempersiapkan diri anda untuk kembali ke kesadaran   normal anda   Dua, rasakan saat ini seluruh tubuh anda sedang dialiri semangat   dan kekuatan baru   Kekuatan dan semangat dalam diri anda menjadi semakin kuat,   semakin kuat   Tiga, anda semakin siap untuk kembali ke kesadaran normal anda 
Anda mulai bisa menggerakkan jari-jari tangan dan kaki anda,   bahkan leher anda   Empat, anda semakin siap untuk kembali kekesadaran normal anda  
Tepat pada hitungan berikutnya anda buka mata anda, anda bangun   dan kembali ke kesadaran normal dalam keadaan segar dan   bersemangat   Lima, buka mata anda  
Lebih segar, lebih bersemangat  
Lebih segar, lebih bersemangat  

Untuk klien yang mencapai gelombang Theta sebaiknya terminasi   diperpanjang untuk lebih memberi waktu agar pikiran sadar klien kembali   aktif. Terminasi yang kurang sempurna bisa membuat klien merasa pusing,   bingung atau kurang nyaman dan jika hal tersebut terjadi segeralah   meminta klien untuk menutup kembali mata, lakukan deepening singkat lalu   ulangi terminasi anda.