Rabu, 23 Februari 2011

Serial Hypnosis : Hipnoterapi dan Tekniknya


HYPNOTHERAPY 

Hypnoteherapy merupakan penggunaan hypnosis untuk tujuan terapi. Banyak kasus menarik yang bisa diatasi dengan hypnotherapy yang   sebagian pasti anda temui dalam proses latihan anda. Marilah kita bahas   bersama tentang alasan kita memilih penggunaan hypnotherapy dibanding   jenis terapi lain untuk mengatasi masalah mental, pikiran, kepribadian dan   masalah fisik yang disebabkan oleh faktor psikis. 


Sebagian besar penyakit yang diderita manusia merupakan wujud   fisik dari masalah pikiran (psikosomatis). Pada pembahasan selanjutnya akan ada beberapa contoh tentang efek berantai dari masalah   pikiran yang berpengaruh pada fisik seseorang secara nyata. Pengaruh   masalah pikiran terhadap kesehatan fisik manusia merpakan hubungan   sebab dan akibat. Jika penyembuhan hanya difokuskan pada penyakit yang   timbul (akibat) tanpa melakukan penyelesaian masalh pikran yang   sebenarnya maka maslah pikiran tersebut akan tetap[ ada dan tidak menutup kemungkinan menyebabkan kambuhnya penyakit yang sama atau bahkan menimbul;kan penyakit baru yang merugikan kesehatan klien.  

Penananganan masalah mental dan emosi bisa diupayakan dengan   pendekatan  psikologis, konseling, religi maupun pendekatan lain. Yang jadi   masalah bagi klien adalah seberapa efektif dan berapa lama waktu yang   dibutuhkan oleh metode-metode tersebut untuk menemukan akar masalah   pikirannya dan menyelesaikannya dengan segera. Hypnotherapy   menawarkan penyelesaian masalah internal pikiran manusia dengan   penggunaan Waktu yang terhitung sangat singkat, aman dan bersifat   permanen.  

Berikut ini adalah contoh reaksi berantai dari masalah pikiran yang secara umum juga sering dijumpai pada klien-klien saat menjalankan hypnotherapy :  
  
Stress – produksi asam lambung meningkat – maag – gelisah – detakan   jantung semakin cepat – susah tidur – ketegangan otot – sakit kepala –   tekanan darah tinggi (sebagian menyebabkan sesak napas).  

Berdasarkan contoh diatas bisa kita ambil kesimpulan bahwa   pengobatan medis untuk penyakit maag (jika disebabkan factor pikiran) hanya mengobati untuk sementara dan masalah pikiran sebenarnya belum  mendapatkan penanganan sehingga maag tersebut bisa kambuh kapan saja.  

Tentu saja apabila maag yang dialami klien sudah menyebabkan masalah medis misalkan luka pada lambung maka solusi terbaik adalah   menggunakan pengobatan medis untuk lambungnya dan tetap   menyelesaikan akar masalah pikirannya dengan hypnotherapy. Salah satu kelebihan metode hypnotherapy adalah penggunaannya yang aman dan bisa   mendukung metode terapi apapun tanpa efek samping.  

Ada beberapa hal yang biasanya bisa memicu timbulnya masalah   pikiran, kepribadian atau bahkan penyakit psikosomatis pada klien. Berikut   ini adalah faktor yang perlu diketahui oleh klien dan hypnotist :  

1.  Pengalaman masa lampau  

Banyak sekali terjadi kejadian dimana klien mengalami satu   hal atau mempunyai respon tertentu yang sebenarnya merupakan   akibat dari pengalaman masa lampau bahkan mungkin peristiwa   itersebut suidah dilupakan oleh pikiran sadar klien. Klien yang   pernah dipermalukan dihadapan umum pada masa kecilnya bisa   mengalami demam panggung atau bahkan gagap yang terbawa sampai   kahidupan klien di masa sekarang.   

2.  Bahasa tubuh  

Bahasa tubuh merupakan cara tubuh kita untuk   menginformasikan sesuatu kepada kita. Terkadang sakit punggung   merupakan bahasa tubuh yang berbunyi “aku lelah, aku butuh   bistirahat” sebagai usaha untuk memberitahu pikiran sadar bahwa   bagian tubuh kita sudah overload. Ada contoh yang lebih mudah   yaitu rasa mengantuk yang kita rasakan setiap hari juga merupakan   bahasa tubuh yang kelelahan dan butuh istirahat.  

3.  Penghukuman diri  

Rasa bersalah kita seringkali menimbulkan sebuah   penghukuman diiri. Sebenarnya proses in terjadi hampir disetiap   orang karena lingkungan kita mengajarkan bahwa “yang salah harus   dihukum”. Hal ini mempunyai efek yang sangat kuat sehingga   terkadang saat pikiran sadar kita sudah memaafkan kesalahan   pribadi kita bisa saja pikiran bawah sadar tetap menimbulkan   penghukuman diri agar merasa benar-benar bebas dari rasa   berrsalah.  

4.  Kebutuhan emosi  

Sebagaimana tubuh kita yang menuntut berbagai pemenuhan   biologis, pikiran bawah sadar juga memerlukan berbagai pemuasan   dengan berbagai bentuk emosi. Saat kebutuhan emosi tak terpenuhi   atau tak tersalurkan maka umunya pikiran bawah sadar akan   menciptakan caranya sendiri untuk memenuhi kebutuhannya saat itu   juga. Pada beberapa kasus anak mengompol biasanya akar   masalahnya adalah kurangnya perhatian orang tua sehingga pikiran   bawah sadarnya menciptakan jalan untuk mendapat perhatian   tersebut walaupun dengan cara yang negatif.  

5.  Gambaran mental  

Gambaran mental merupakan program pikiran bawah sadar   seseorang  untuk dirinya sendiri. Jika gambaran mental kita buruk   tentu sangat berpengaruh pada tingkah laku kita dan pola pikir yang   cenderung rendah diri. Gambaran mental yang salah biasanya juga   disebabkan “sumbangan” lingkungan kita. Misalkan seseorang yang   membatasi porsi makannya secara berlebihan karena sangat   meyakini kalimat orang tuanya  yang berbunyi “makanlah yang   banyak agar tumbuh besar dan sehat” pikiran bawah sadarnya   menerjemahkan kata “tumbuh besar” sama dengan gemuk sehingga   pembatasan porsi makan tersebut digunakan sebagai upaya   mencegah kegemukan. Atau pikiran bawah sadar yang lebih memerhatikan kata “sehat” lebih cenderung makan pada porsi yang   berlebihan.  

Meskipun terkadang klien meyakini bahwa masalahnya terkait   dengan suatu hal, hypnotist perlu mendalami masalah klien dengan menanyakan langsung akar masalah klien dari pikiran bawah sadar klien.  

Cara yang paling sederhana untuk mendapatkan jawaban dari pikiran bawah   sadar klien adalah dengan meminta klien menjawab pertanyaan kita dengan   gerakan isyarat yang sudah disepakati sebelumnya, contoh : telunjuk kanan = ya, telunjuk kiri = tidak, kelingking = tidak tahu atau dengan tanda lain yang sebaiknya disepakati sebelum dilakukan proses hypnosis.  

Jika masalah klien sudah ditemukan maka dapat segera dilakukan sugesti untuk membantu klien menyelesaikan masalahnya. Ada beberapa teknik pemberian sugesti selain dengan sugesti langsung yang mudah dan aman digunakan untuk tahap latihan hypnotherapy antara lain :  

1.  TEKNIK TELEVISI  

Teknik televisi umumnya merupakan upaya untuk membentuk   kembali gambaran mental positif dan media yang relatif aman bagi   klien untuk mengingat dan merasakan kembali suatu pengalaman   bermuatan emosi negatif.  Umumnya teknik ini sering juga   dimodifikasi sebagai teknik bioskop.  

Secara umum penggunaan teknik ini adalah sebagai berikut :  

·         Deskripsikan bahwa didepan klien ada sebuah layar televisi   (warna, bentuk, dan ukurannya sesuka hati klien)
·         Mulailah menyalakan televisi   
·         Putarlah film yang  menampilkan gambaran klien yang sudah   menyelesaikan masalahnya  
·         Film  terus diputar dank lien memperhatikan sosoknya dimasa   depan yang “sudah” berhasil menyelesaikan masalahnya  
·         Minta klien untuk menyimpan hasil penyelesaian masalahnya dan   mulai mewujudkannya mulai saat itu juga  

2.  TEKNIK BOLA KRISTAL  

Teknik bola kristal biasa dipakai untuk melepaskan muatan   emosi negatif klien termasuk menghilangkan ketegangan fisik klien. Ide dari teknik ini adalah sebagai cara pelampiasan luapan emosi klien   secara aman baik itu spesifik maupun secara umum (lebih dari satu   masalah).  
Penggunaan teknik bola kristal adalah sebagai berikut :  

·         Mintalah klien membayangkan sebuah bola kristal di telapak   tangannya 
·         Klien menggeggam bola tersebut 
·         Klien meremas bola kristal tersebut dan secara otomatis emosi   dan beban pikirannya mengalir dan berpindah pada bola kristal   tersebut  
·         Semakin keras remasan klien maka bebannya semakin   berkurang sedangkan bola kristal ditangannya semakin terlihat   keruh atau gelap terisi beban pikiran klien  
·         Minta klien membuang jauh bola kristal tersebut saat klien   selesai melampiaskan dan menyalurkan emosinya  

3.  TEKNIK TULISAN TANGAN     

Teknik tulisan tangan merupakan metode yang hampir sama   dengan teknik bola kristal. Penggunaan teknik ini membuat klien   meredakan emosinya dengan cara menuliskan semua masalah yang   membaninya seperti menulis kisah pada diary. Teknik ini sangat   efektif digunakan saat klien merasa masalah yang dihadapi sangat   pribadi atau bahkan Top Secret.  

Hypnotist terkadang tidak harus tahu semua detail masalah   klien, tetapi tetp harus menguasai proses penyelesaiannya.  

Penggunaan teknik tulisan tangan adalah sebagai berikut :  

·         Tangan kanan klien memegang sebuah alat tulis (di pikiran)  
·         Tangan kiri klien memegang selembar kertas (di pikiran)  
·         Klien menuliskan semua masalahnya pada kertas di tangan   kirinya  
·         Setiap masalah yang dituliskan klien berpindah dari pikiran   klien ke kertas di tangan kiri klien  
·         Semakin banyak masalah yang ditulis maka klien menjadi   semakin tenang  
·         Saat klien selesai menulis semua masalahnya, klien melepaskan   alat tulisnya  
·         Klien melampiaskan sisa emosi negatif yang tersisa dengan  menghancurkan kertasnya menggunakan kedua tangannya.  
·         Semakin hancur semakin lega  
·         Kertas yang sudah hancur dibuang sejauh-jauhnya   

4.  TEKNIK BOLA CAHAYA 

Teknik bola cahaya  merupakan teknik yang bisa berdir  sendiri maupun lanjutan dari teknik lain. Bola cahaya bisa kita namakan  sebagai apapun sesuai sugesti yang ingin kita tanamkan pada klien.  

Secara singkat penggunaan teknik bola cahaya adalah sebaga  berikut :     

·         Minta klien membayangkan sebuah cahaya yang terletak tepat  diatas kepalanya. Bentuk warna dan ukuran cahaya tersebut sesua  keinginan klien  
·         Beri nama pada cahaya tersebut sebagai cahaya kesembuhan  cahaya ketenangan, cahaya kebahagiaan atau lainnya 
·         Deskripsikan juga kegunaan cahay tersebut   
·         Cahaya tersebut masuk ke dalam tubuh klien melalui ubun- ubunnya
·         Biarkan klien merasakan efek dari cahaya tersebut menjalar di  seluruh tubuhnya  
·         Yakinkan klien bahwa efek positif cahaya tersebut sudah  menyatu dengan klien dan bersifat permanen  

Sebenarnya banyak sekali teknik yang bisa anda pakai dalam  hypnotherapy tetapi tentu saja memerlukan latihan dan bimbingan khusus  dari seorang ahli hypnotherapy. Teknik yang sudah disebutkan di atas  udah lebih dari cukup untuk sekedar mengatasi masalah pikiran dan emosi  sederhana dalam kehidupan sehari-hari. 

Berikut ini adalah contoh kasus sederhana dan alternatif  penggunaan teknik sugesti yang bisa dipakai.  

INSOMNIA 

Insomnia merupakan keadaan klien yang kesulitan mencapai tidur  yang berkualitas. Sebagian besar diakibatkan karena klien membawa  masalahnya ke tempat tidur, rokok dan kopi.

Alternatif teknik sugesti :  
  Terminasi Tidur  
  Teknik televisi 

Klien melihat film tentang dirinya sendiri yang sedang tertidur pulas  

STRESS 

Masalah yang paling kompleks dan merupakan akar dari hampir semua masalah psikosomatis. Carilah akar masalah sress dan selesaikan   dengan teknik televisi atau teknik tulisan tangan, lanjutkan dengan metode   bo;a cahaya untuk ketenangan.   

KEGEMUKAN 

Kegemukan  atau obesitas bisa disebabkan berbagai faktor antara   lain penghukuman diri, perasaan kesepian, perasaan kurang dihargai yang   berdampak pada peningkatan poirsi makan sebagai pelarian atau   pelampiasannya.   

Jika masalah klien pada pola makan maka gunakan teknik televisi   yang memperlihatkan film bahwa dengan pola makan yang leih sehat dan   olahraga mambuat tubuh klien semakin ideal. Perkuat gambaran klien   tentang tubuh ideal yang ingin dicapainya sehingga menambah motivasinya   untuk mengurangi porsi makan.  

DEMAM PANGGUNG 

Demam panggung biasanya merupakan akibat dari takut mambuat kesalahan, belum menguasai topik, kurang percaya diri atau mungkin pernah mengalami suatu kejadian buruk pada kondisi yang sama dimasa lampau.  

Terapi demam panggung bisa menggunakan teknik televisi yang   memutar tentang film diri klien yang mampu berbicara dengan lancar dan penuh ketenangan dihadapan banyak orang.  

KENANGAN BURUK 

Kenangan yang buruk bisa diakibatkan karena anchor negatif. Cara yang bisa di pakai untuk mengatasinya adalah dengan metode televisi sebagai berikut :  
  Film yang diputar tentang pengalaman buruk klien  
  Putar perlahan dari waktu sebelum mengalami kenangan buruk  
  Film diputar hingga terjadinya kenangan buruk  
  Hentikan filmnya   
  Putar mundur filmnya dengan cepat  
  Kosongkan gambar  di layar televisi  
  Ulangi proses diatas berulang-ulang   
  Setiap ulangan, waktunya semakin cepat  

Pikiran negatif termasuk kenangan buruk diperoleh melalui proses   belajar yang berurutan sehingga menimbulkan respon emosi tertentu, jika urutan pengalamannya kita acak tentunya akan mengaburkan juga kenangan buruk yang dialami klien sehingga respon emosinya otomatis juga ikut   berubah.