Selasa, 22 Februari 2011

Serial Hypnosis : Contoh Script Induksi 2


INDUKSI TERBALIK 

Secara umum, berbagai teknik induksi yang sudah kita bahas adalah  induksi kepada klien dari Beta menuju Alpha/Theta. Teknik Induksi  Terbalik merupakan penggunaan induksi pada klien yang sedang tertidur  (Delta). Penggunaan induksi Terbalik sangat cocok dipakai untuk  memasukkan sugesti pada anak-anak yang belum terlalu mengerti bahasa  percakapan yang rumit atau untuk membangunkan klien yang tertidur  setelah trance. 


Sesuai dengan teori gelombang otak yang telah dibahas di bab lain  buku ini, sebenarnya saat proses menuju tidur pasti gelombang otak  manusia merambat turun dari Beta melewati Alpha dan Theta ketika  menuju Delta hanya saja mungkin terlewati sangat cepat hingga kurang  kita sadari prosesnya. Saat terbangun dari tidur, gelombang otak manusia  juga merambat naik dari Delta, Theta, Alpha barulah mencapai Beta. 

Prinsip Induksi Terbalik hampir sama seperti membangunkan seseorang  dari tidurnya tetapi kita usahakan agar klien tetap berada di Alpha/Theta  selama mungkin atau secukupnya sampai sugesti kita diterima dan dipahami  oleh klien dengan cara membangun rapport. 

Untuk menjamin terjadinya rapport anda harus bisa menaikkan  gelombang otak klien menuju Theta/Alpha (gunakan trance level test)  dengan cara memberikan sedikit “gamgguan” kepada klien. Jenis tindakan  untuk menaikkan gelombang klien antara lain : 

-    Tiupan lembut di kelopak mata klien. Perhatikan setelah tiupan jika  kelopak mata klien berkedip-kedip ringan berarti anda bisa mulai  menjalin komunikasi dengan klien. 
-    Menepuk-nepuk bagian tubuh tertentu dari klien (biasanya kaki). 
-    Pikiran bawah sadar klien umumnya terbiasa dengan tepukan lembut  yang diingat sebagai tepukan seorang ibu saat menidurkan anaknya  sehingga tepukan tersebut disadari klien sebagai sarana untuk  tertidur lebih nyenyak tanpa terasa terganggu. 
-    Mengajak komunikasi klien secara langsung. Gunakan bahasa yang  tegas dan jelas. Cara ini adalah cara yang paling jarang digunakan  tetapi terkadang ada sebagian klien yang justru lebih menerima dan  merespon teknik ini daripada penggunaan teknik yang lain.

Teknik ini  biasanya digunakan kepada klien yang berbicara ditengah tidurnya  (ngelindur) kalau klien bisa merespon kalimat kita berarti sugesti  bisa segera ditanamkan. 

Selain cara diatas juga perlu diketahui bahwa tidak semua klien bisa  dengan mudah menerima induksi terbalik. Misalkan klien yang sehari-hari  jarang tidur nyenyak karena sering diganggu saat tertidur bisa  memberikan respon negatif atau bahkan kasar (tendangan, pukulan dll)  secara spontan saat merasa ketenangan tidurnya terganggu. Gunakanlah  kalimat yang mendukung istirahat klien, contoh : 

Tidurlah sangat lelap, semakin lelap 
Anda tertidur lebih lelap dengan tetap mendengarkan suara saya 
Semakin jelas suara saya maka tidur yang anda rasakan semakin  nyenyak  Anda tetap bisa mendengar suara saya dalam tidur nyenyak anda 
Apakah anda masih mendengar suara saya? 

Tunggu respon dari klien (biasanya berupa anggukan). Jika belum  mendapatkan respon dari klien anda ulangi lagi memberikan gangguan  kepada klien. Gangguan yang terlalu sering dan terlalu kerasa mungkin  malah membangunkan klien. 
Jika rapport sudah terjalin, segeralah masukkan sugesti yang  singkat dan mintalah persetujuan klien. Sebagai contoh : 

Mulai sekarang dan seterusnya 
Demi kesehatan anda, anda berolah raga dengan rutin dan penuh  semangat  Setuju? 
(tunggu respon klien) 
Baiklah berarti mulai sekarang dan seterusnya 
Demi kesehatan anda, anda berolah raga dengan rutin dan penuh  semangat 
Setelah sugesti kita masukkan maka tahap selanjutnya adalah  terminasi. Anda bisa membaiarkan klien kembali melanjutkan tidurnya  dengan mengatakan : 
Sekarang anda lanjutkan tidur anda, semakin lelap, semakin lelap 

Atau anda bisa membangunkan klien dengan menggunakan skrip Terminasi Bertahap yang bisa anda lihat di pembahasan terminasi berikutnya. Sebaiknya klien yang tadinya dalam keadaan tidur normal  dikembalikan kepada tidur normal atau sesuai dengan kesepakatan anda  dan klien sebelumnya. 

TEKNIK JARUM JAM 

Teknik jarum jam berfungsi untuk melelahkan mata klien dan  menghilangkan keseimbangannya secara bersamaan. Saat klien terdorong  ke belakang tanpa perlawanan maka trance lebih mudah tercapai. 

Posisi klien berdiri tegak dengan kedua kaki rapat (keseimbangan  minimal). Minta klien untuk memandang gerakan jarum detik (jarum  berwarna merah) pada sebuah jam dinding yang posisinya berada lebih  tinggi dari mata klien. Berdirilah di belakang klien pegang pundak klien  sebentar untuk meyakinkan keberadaan anda. 

Mulailah mengatakan : 

Berdiri tegap dengan seluruh tubuh yang sangat santai 
Saya ada di belakang anda, apapun yang terjadi nanti saya siap  membantu anda  Perhatikan gerakan jarum detik pada jam di hadapan anda 
Semakin anda memandangnya, perlahan–lahan tubuh anda mulai  merasakan dorongan yang lembut ke belakang pada setiap tarikan  napas anda  Semakin lama dorongan yang anda rasakan menjadi semakin kuat,  semakin kuat  Biarkan tubuh anda menerima dorongan tersebut apa adanya dan  anda semakin terdorong ke belakang  Setiap tarikan napas anda membuat dorongan ke belakang yang anda  rasakan semakin kuat  Anda semakin kehilangan keseimbangan anda 

Ulangi terus induksi diatas sambil memerhatikan gerakan tubuh  klien, biasanya tubuh klien mulai bergerak ke belakang setiap kali menarik  napas dan bergerak kembali ke depan saat membuang napas. Untuk lebih  membuat klien meyakini induksi anda maka setiap kali klien membuang  napas (terdorong ke depan) katakanlah “Ke belakang”. 

Kata “ke belakang” digunakan karena setelah membuang napas  tentunya klien akan menarik napas yang menyebabkan tubuhnya sedikit  terdorong ke belakang. Saat induksi anda mendahului gerakan klien maka  klien merasa yang doirongan ke belakang yang terjadi pada dirinya  disebabkan oleh kalimat anda. 

Ulangi terus kata “ke belakang” sampai klien terlihat semakin  kehilangan keseimbangan.

Saat klien sudah terlihat sulit mempertahankan  posis tubuhnya, lanjutkanlah dengan : 
Nanti tepat ketika jarum detik mencapai angka 12, anda tutup mata  anda dan biarkan tubuh anda jatuh terdorong ke belakang  Saya ada di belakang anda 

Saat jarum mencapai angka 12 biasanya klien terdorong ke  belakang, jika ini terjadi segeralah tangkap tubuh klien dan kembalikan  pada posisi berdiri tegak. Katakanlah : 

TIDUR SEKARANG 

Tidur lebih lelap, lebih nyenyak 
Kaki anda menopang tubuh anda dengan sangat kuat, anda bahkan  mampu tertidur pulas sambil berdiri tegak  Tidur lebih lelap, lebih nyenyak 
Kaki anda menopang tubuh anda dengan sangat kuat, anda bahkan  mampu tertidur pulas sambil berdiri tegak 

Teruskan proses ini dengan deepening Jika klien sudah mulai mampu  menjaga keseimbangan anda lepaskan tangan anda perlahan-lahan. 

Jika klien menggunakan salah satu kakinya untuk menopang  tubuhnya saat terjatuh berarti masih ada kekhawatiran pada diri klien.  Ulangi terus latihan ini sampai klien jatuh dalam trance atau anda boleh  menggunakan teknik lain terhadap klien. 

RELAKSASI PENUH 

Penggunaan teknik Relaksasi Penuh paling bisa diterima oleh hampir  semua orang karena menimbulkan efek relaksasi yang paling lazim dan  umum dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Sebaiknya klien memakai  pakaian yang longgar dan tidak terlalu ketat. 

- Posisi klien berbaring atau duduk bersandar (harus ada sandaran  leher yang  nyaman)  -

Klien menutup mata 

Tutup mata anda 

Saya bantu anda memasuki alam istirahat yang sangat nyaman 
Tarik napas dengan lembut dan dalam 
Niatkan bahwa anda measukkan kedamaian dalam diri nda 
Tahan napas anda sekuat tenaga 
Lalu perlahan-lahan hembuskan napas anda lewat mulut 
Buang semua kelelahan keluar dari tubuh dan pikiran anda 
(Ulangi penggunaan paragraf ini 6 x) 
Sekarang bernapaslah dengan biasa 
Karena saat ini anda sudah jauh lebih santai dari sebelumnya 
Bernapaslah dengan lembut dan dalam 
Setiap tarikan napas anda membuat pikiran anda dipenuhi dengan  kedamaian  Dan setiap hembusan napas anda membuat seluruh tubuh anda menjadi  sangat santai, sangat kendor, sangat rileks. 
(ulangi penggunaan paragraf ini 3 x) 
Saya bantu anda untuk masuk ke alam istirahat yang lebih nyaman,  lebih nyenyak  Sekarang pusatkan diri anda untuk merasakan sensasi nyaman pada  kedua bola mata anda  Bayangkan seolah-olah anda bernapas melalui kedua bola mata anda 
Rasakan tekanan yang sangat nyaman pada kedua bola mata anda saat  menarik napas  Tekanan tersebut membantu mengistirahatkan semua otot dan syaraf  mata anda secara sempurna  Mata anda menjadi semakin berat, terkunci rapat 
Setiap tarikan napas anda membuat semua otot dan syaraf di kedua  bola mata anda menjadi sangat santai, sangat kendor  Sangat santai, sangat kendor 
Lebih berat terkunci rapat 
Sangat santai, sangat kendor 
Lebih berat terkunci rapat 
Rasakan perasaan nyaman menyelimuti kedua bola mata anda 
Mata anda menjadi semakin nyaman dan tertutup rapat 
Setiap tarikan napas anda membuat semua otot dan syaraf di kedua  bola mata anda menjadi sangat santai, sangat kendor  Sangat santai, sangat kendor 
Sangat santai, sangat kendor 
Sekarang mulailah menyebarkan rasa nyaman dari kedua vola mata anda  ke seluruh tubuh anda  Sebarkan rasa nyana ke tangan kanan dan kirai anda samapi ke jari-jari  tangan anda 
Salurkan relaksasi ke bgian dada anda, anda bernapas lebih lembut dn  dalam  Sebarkan rasa nyaman tersebut pada setiap hembusan napas anda 
Mengalir ke seluruh organ anda, otot anda, syaraf anda 
Alirkan jug rasa nyaman ke punggung tas anda, ke punggung bawah anda 
Sebarkan rasa nyaman tersebut pada setiap hembusan napas anda 
Mengalir ke seluruh organ anda, otot anda, syaraf anda 
Rasakan perut anda dialiri oleh rewlksasi yang sangat nyaman, semua  organ dalam perut anda menjadi jauh lebih nyaman, lebih kendor  Biarkan semua otot dan syaraf dalam tubuh anda mengendor dan  semakin santai  Sekarang alirkan relaksasi ke seluruh tubuh anda sampai ke ujung kaki  anda  Saat anda sudah mengendorkan seluruh bagian tubuh anda maka anda  sudah memasuki alam istirahat yang lebih dalam, lebih lelap  Lebih dalam, lebih lelap 
Seluruh tubuh anda menjadi berat dan kendor 
Lebih dalam, lebih lelap 
Pergunakanlah kesempatan kali ini untuk memulihkan seluruh tubuh  anda  Anda bahkan boleh tertidur lelap dengan tetap merespon kata-kata  saya  Kata-kata saya mengirim pikiran dan jiwa anda masuk ke alam tidur  yang lebih lelap  Semakin lelap anda tidur, maka respon terhadap suara saya menjadi  semakin meningkat  Abaikan suara apapun selain suara saya 
Suara lain selain suara saya hanya menambah ketenangan istirahat anda 
Kata-kata saya mengirim pikiran dan jiwa anda masuk ke alam tidur  yang lebih lelap  Semakin lelap anda tertidur maka respon terhadap suara saya menjadi  semakin meningkat  Sekarang mulailah tidur sangat lelap dengan tetap memperhatikan  kata-kata saya 

PENDULUM 

Teknik ini juga sama populernya dengan metode adu  pandang yang sangat identik dengan hypnosis. Bahan  pendulum bisa berupa jam saku, kalung liontin atau bahkan  kunci yang diberi tali. Jadi sebenarnya kita bisa memakai  alat seadanya yang tersedia disekitar kita.

Sebaiknya alat  yang anda pilih sebagai pendulum adalah benda yang berkilat (memudahkan  pemusatan perhatian), ukurannya terbilang kecil dan kontras dengan warna  ruangan. 

Penggunaan teknik pendulum adalah sebagai berikut :  - Posisi (boleh di depan atau belakang klien) 

-       Posisi pendulum HARUS lebih tinggi dari mata klien sehingga  klien agak melirik ke atas atau dibawah hidung klien agar mata  klien melirik ke bawah. 
-       Katakanlah “IKUTILAH GERAKAN PENDULUM INI DENGAN  PANDANGAN ANDA” 
-       Mulailah menggerakkan bandul ke kanan dan ke kiri secara  konstan 
-       Mulailah mengucapkan kalimat induksi (bagian yang kosong diisi  kata “pendulum ini”) 
-       Semakin lama gerakan pendulum boleh anda percepat 
-       Pastikan bahwa klien hanya mengikuti gerakan pendulum dengan  matanya karena terkadang ada klien yang menggerakkan  kepalanya juga. Jika hal ini terjadi tegaskan kembali pada klien  agar mengikuti pendulum hanya dengan matanya. 
-       Saat mata klien terlihat sudah sangat lelah ucapkanlah induksi  penutup 
-       Tepat saat klien menutup mata katakanlah ‘TIDUR” sambil  menekan lembut kedua mata klien masing-masing dengan satu  jari. 
-       Lakukan deepening sambil tetap menekan mata klien. Efek  tekanan ini adalah membuat otot-otot mata klien menjadi lebih  kendor ketika nanti tekanan dilepaskan. 
-       Setelah kurang lebih satu menit, anda lepaskan tekanan jari anda  dari mata klien 

Teknik pendulum juga mempunyai beberapa variasi. Teknik lain  dengan pendulum adalah dengan membuat pendulum berputar di satu titik  di atas pangkal hidung klien dengan lebih tinggi dari mata klien. 

STARE TECHNIC 

Berdirilah tegak dengan ke dua kaki rapat 
Berdirilah sesantai mungkin. 
Sekarang tatap mata saya. 
Bayangkan ada cahaya yang menghubungkan mata kita dan anda nerasa diri  anda mulai terdorong mendekat ke arah saya. Sebuah dorongan yang  sangat kuat ke arah saya. 
Anda sulit mempertahankan keseimbangan anda, semakin tertarik kearah  saya. Pada hitungan ke 3 anda tutup mata anda. 
Bagus 1….2….3…. 
Biarkan mata anda tertutup rapat, dan kepala anda terdorong ke depan. 
Kepala anda menjadi sangat berat, sangat berat sehingga semakin  bergerak ke depan. 
Anda menjadi semakin santai, semakin santai. 
Semakin bergerak turun. 
Kepala anda terasa semakin berat, semakin berat. 
Semakin berat, semakin berat. 
Kepala anda menjadi semakin berat dan membawa anda masuk ke alam  relaksasi yang jauh lebih dalam, lebih dalam.  Kepala anda semakin mendekat le arah saya. 
Bagus itu adalah tanda bahwa anda semakin merasakan relaksasi yang lebih  dalam. 
Sekarang, pada hitungan ke 3, angkat dan rentangkan kedua tangan anda. 
1….2….3…. kaku dan keras seperti baja. 
Semakin kaku. 
Semakin kaku tangan anda maka relaksasi yang anda capai semakin dalam. 
Kaku dan keras. 
Seperti baja, seperti baja. 

Pegang kedua bahu klien dan perlahan-lahan goyangkan hingga tubuh  klien membentuk putaran-putaran kecil. Tujuannya untuk melakukan  deepening. 

Dan anda masuk ke alam relaksasi yang jauh lebih dalam saat anda  merasakan berputar di udara, dan putarannya menjadi semakin lebar,  semakin luas pada tiap putaran. 
Anda semakin berputar, semakin berputar. 
Semakin lebar putarannya anda masuki alam tidur yang lebih dalam. 
Pada hitungan ke 3 biarkan kedua tangan anda jatuh terkulai lemas ke  bawah. 1…2…3… tidur sangat dalam, sangat dalam. 

MATA BERPUTAR KE ATAS 

Teknik ini bisa digunakan sebagai teknik tersendiri atau sebagai  lanjutan dari teknik Fokus Jari (digunakan sebelum klien menutup mata).  Teknik ini membuat klien menutup mata dengan tetap mempertahankan  posisi retina mengarah ke atas. Dengan posisi ini klien menjadi sangat  kesulitan membuka mata dan menganggap bahwa matanya tidak bisa  terbuka karena pengaruh kalimat hypnotist. 

Sebenarnya dengan usaha keras mata klien bisa “sedikit” membuka  tetapi karena posisi retina tidak berada pada bagian yang terbuka maka  klien tetap melihat “kegelapan” dan merasa gagal membuka mata.  Jika di gunakan sebagai teknik tersendiri maka mintalah klien untuk  mengrahkan pandangannya pada kedua alisnya atau garis rambutnya. 

Sedangkan jika digunakan sebagai teknik lanjutan maka posisi dan  prosesnya sama dengan metode Fokus Jari tetapi saat mata klien terlihat  sangat lelah katakanlah : 

Saat ini mata anda semakin terasa lelah 
Semakin berat, semakin lelah, semakin berat 
Dengan tetap mempertahankan arah pandangan mata anda, anda  boleh menutup mata anda sekarang  Anda boleh menutup mata anda dengan tetap memandang ke arah  atas 
(ulangi terus sampai klien menutup mata) 
Sekarang putar bola mata anda ke atas 
Arahkan pandangan anda pada ubun-ubun anda 
Pertahankan terus posisi pandangan anda 
Rasakan mata anda menjadi terasa semakin berat dan lelah 
Semakin berat, terkunci rapat 
Lebih berat terkunci rapat 
Dengan bola mata tetap berputar ke atas anda bahkan merasa  sangat kesulitan membuka mata anda  Sekarang dengan bola mata tetap berputar ke atas silakan anda  membuka mata anda  Semakin kuat anda mencoba membuka mata maka mata anda  semakin berat dan terkunci rapat  Anda tetap mempertahankan arah pandangan anda 
Dengan tetap memandang ke arah atas silakan anda coba untuk  membuka mata anda  Semakin kuat anda mencoba membuka mata maka mata anda  semakin berat dan terkunci rapat 

Jika klien tidak bisa membuka matanya maka katakanlah untuk  berhenti mencoba membukanya dan lakukanlah deepening. Tetapi jika klien  bisa membuka matanya (jarang terjadi) tetaplah tenang dan katakanlah : 

Bagus, anda sudah membuktikan bahwa anda dalam kesadaran penuh  dan mampu mengendalikan mata anda dengan sempurna
 Sekarang kita lanjutkan lagi menuju alam relaksasi 

Tutup mata anda sekarang 

Tutup dan tekan lembut kedua mata klien dengan jari anda lalu  lanjutkan dengan deepening. 

Tujuan kalimat ini adalah untuk memupuk kembali kepercayaan klien  terhadap kemampuan kita karena kita membuat kemampuan klien membuka  mata seolah-olah menjadi hal yang “seharusnya” terjadi. 

ADU PANDANG  

Teknik ini dahulu banyak di pakai dan sangat populer sehingga   hampir setiap orang pasti tahu kalau ini adalah teknik hypnosis. Teknik ini   merupakan adu kekuatan antara hypnotist dan klien dengan saling memandang mata. Sekarang teknik ini mulai ditinggalkan karena terkesan kurang sopan untuk dipakai pada kebudayaan kita. Kelemahan teknik ini  adalah hypnotist harus melatih otot matanya terlebih dahulu agar menjadi   kuat dalam berpandangan dan klien merasa kenyamanannya terganggu   dengan pandangan ini.  

Penggunaan teknik adu pandang adalah sebagai berikut :  

-       Posisi hypnotist dan klien sama-sama berdiri  
-       Letakkan kedua tangan anda pada bahu klien  
-       Katakan kepada klien “TATAP MATA SAYA”  
-       Pandang titik tengah antara kedua mata klien / pangkal hidung   atas klien, tujuannya adalah menimbulkan kesan pandangan tajam   dan membantu mata anda bertahan lebih lama.  
-       Sambil berpandangan ucapkanlah kalimat-kalimat induksi terus   menerus          (bagian yang kosong diisi kata “mata saya”)  
-       Saat mata klien sudah terlihat sangat lelah segeralah gunakan   induksi penutup  
-       Tepat (sangat penting) saat klien menutup mata katakanlah   “TIDUR” lalu lanjutkan dengan deepening seperlunya   

FOKUS JARI  

Teknik Fokus Jari bisa digunakan secara aman untuk klien dengan   penglihatan yang normal tetapi tetap saja penggunaan yang berlebihan dan   telalu sering bisa merugikan kesehatan mata klien. Teknik Fokus Jari   bertujuan untuk melelahkan pandangan mata klien dengan cara   menggerakkan jari kita mendekat kearah mata klien secara perlahan-lahan   dari arah atas menuju ke arah mata klien. Jari kita berhenti bergerak   kurang lebih saat berada pada jarak 2 Cm dari mata klien.   

 Teknik ini tidak membutuhkan latihan yang sulit hanya berupa teori   sederhana tetapi menghasilkan tingkat keberhasilan yang tinggi. Kita   mempergunakan tangan kosong tanpa bantuan alat apapun, teknik ini juga    mempunyai berbagai variasi. Untuk mempermudah pemahaman sebaiknya   anda ikuti contoh gambar pada setiap variasi.  

Penggunaan teknik Fokus Jari adalah sebagai berikut :  

-       Posisi duduk atau boleh berbaring  
-       Gerakan jari mendekat dari posisi yang berada diatas kepala   klien dan bergerak turun mendekat ke arah mata klien dengan   gerakan yang agak lambat   A  Biarkan jari anda berhenti pada satu titik (lihat gambar) sampai   mata klien terlihat sangat lelah.  
-       Tutup mata klien dengan jari anda sambil katakan “TIDUR  
-       SEKARANG!”  
-       Lakukan deepening secukupnya. .   

TEKNIK TEKANAN  

Letakkan kedua tangan anda di pangkuan.    
Pandang dan perhatikan jari-jari anda yang sudah anda letakkan di   pangkuan anda.   
Mulailah untuk menekan kedua tangan anda pada pangkuan anda ke arah   bawah dengan sangat kuat.   
Jika anda bersedia, tekan saja tangan anda dengan sangat kuat, sekuat   tenaga semampu anda untuk menekan pangkuan anda.   
Anda menekan kuat paha dan kaki anda ke lantai.   
Tentu saja, sangat tidak mungkin untuk terrus menerus menekan lantai di   bawah anda.   
Mungkin anda bisa terus menekan lantai dengan kaki anda semakin keras   dan semakin keras.   
Dan ketika anda menekan lantai dengan sekuat tenaga anda, rasakan bahwa   anda telah menciptakan sejumlah tekanan besar pada jari-jari tangan dan   kaki anda.  
Perhatikan bahwa tekanan yang timbul di jari-jari anda ketika anda   menekan semakin keras, semakin keras.   
Tetaplah mencoba menekan dengan lebih keras, sangat keras.  
Rasakan peningkatan sensitivitas pada ujung jari-jari anda.   
Perhatikan, jika anda menginginkannya, anda bisa merasakan tekstur   celana anda.    
Semakin anda menekannya, anda juga bisa mulai merasalkan hangatnya   suhu tubuh anda bagaikan muncul dari celana yang anda tekan.   
Tetaplah menekan sekuat tenaga anda.  
Tentu saja anda tahu bahwa lawan dari tekanan adalah relaksasi.   
Jadi kapanpun anda ingin merasakan relaksasi, sangat mudah, anda mulai   melemaskan kedua tangan anda dan anda rasakan salah satu jari tangan   anda mungkin jari tangan kanan atau jari tangan kiri anda terasa lebih   ringan dari yang lainnya dan perlahan-lahan mulai terangkat ke atas.    Tentukan dan rasakan jari anda yang mulai terasa ringan dan bergerak   naik. Jari tangan pilihan anda menjadi semakin terangkat naik, semakin   ringan pada setiap tarikan napas anda.   
Anda bayangkan bahwa jari yang anda pilih terikat pada puluhan balon gas   yang mengangkatnya tinggi di udara.   
Rasakan pergerakan jari anda diikuti tangan yang anda pilih mulai   terangkat ke atas.   
Semakin ringan, semakin terangkat terbawa balon gas yang mengikatnya ke   udara.   
Setiap kali tangan anda bergerak naik maka anda rasakan relaksasi   menyebar keseluruh tubuh anda.   
Semakin terangkat, semakin ringan.   
Semakin terangkat, semakin ringan.   
Saat tangan anda terangkat maksimal, biarkan balon-balon udara itu tetap   membuat tangan anda melayang.   
Nikmati ketenangan dan relaksasi pada seluruh tubuh anda.  
Sekarang perlahan-lahan anda biarkan tangan anda mulai bergerak turun.  
Bayangkan bahwa satu persatu balon yang mengikat tangan anda mulai   terlepas dan perlahan-lahan anda turunkan tangan anda kembali ke   pangkuan anda. Setiap kali tangan anda bergerak turun, anda masuki alam   relaksasi yang jauh lebih dalam, jauh lebih lelap dari sebelumnya.   
Semakin bergerak turun semakin santai dan masukilah alam relaksasi yang   jauh lebih dalam dan lebih lelap dari sebelumnya.   
Nanti tepat saat tangan anda kembali menempel ke pangkuan anda, anda   kirimkan relaksasi ke seluruh tubuh anda dan anda masuki alam tidur yang   sangat dalam.   
Tidur yang sangat dalam, sangat lelap.  

TEKNIK PERNAPASAN  

Manusia hidup dengan bernapas selain itu napas juga merupakan   kunci kesadaran klien. Manusia yang kekurangan oksigen dalam tubuhnya   bisa mengalami sesak napas atau bahkan pingsan, sebaliknya oksigen dalam   takaran yang pas dalam tubuh manusia bisa menunjang aktivitas manusia   sehari-hari.  

Teknik Pernapasan dalam induksi yang sedang anda pelajari berikut   ini membuat klien mengalami hyperventilasi (pasokan udara berlebih dalam   tubuh) sehingga menyebabkan penurunan tingkat gelombang otak dengan   aman dan relatif cepat. Teknik ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Napas   Cepat  dan Napas Lambat.  

Teknik Napas Cepat  di pakai kepada klien yang masih muda, kuat   dan bebas dari masalah pernapasan atau jantung sedangkan Teknik   Pernapasan Lambat bisa dipakai untuk semua usia termasuk manula. Teknik   ini aman dilakukan antara 20 – 40 hitungan.  

Posisi klien sesuai gambar. Jelaskan dan beri contoh langkah-  langkah di bawah ini kepada klien sebelum anda mulai mempraktikkannya.  

Klien memandang telapak tangan hypnotist yang sejajar dengan   pandangan klien dan mengikuti gerakan tangan hypnotist dengan   mata dan kepalanya .

Tangan hypnotis bergerak naik (di atas ubun-ubun klien) tahan   sebentar lalu bergerak turun. Ulangi terus   gerakan ini.  
 Klien menarik napas dari hidung setiap kali tangan hypnotist   bergerak naik.  
 Klien membuang napas lewat mulut setiap kali tangan hypnotist   bergerak turun.  
 Kecepatan tarikan dan hembusan napas klien menyesuaikan   gerakan hypnotist.  
 Hypnotist menghitung pernapasan klien (sekali tangan hypnotist   bergerak naik dan turun adalah satu hitungan).  

Setelah klien paham mulailah mempraktikkan teknik di atas hingga   mencapai hitungan yang membuat mata klien terlihat sangat mengantuk.   Ketika mata klien sudah terlihat sangat mengantuk, anda bisa meneruskan   teknik ini dengan cara menutup kedua mata klien dengan jari anda sambil   berkata  “TIDURLAH”  lalu tekan lembut mata klien sambil melakukan   deepening.  

Sebaiknya hindari penggunaan hitungan yang berlebihan (di atas 40   hitungan) karena klien biasanya cenderung tertidur pulas dan mengabaikan   lingkungannya.   

TANGAN JATUH  

 Tekinik Tangan Jatuh mempunyai banyak sekali fungsi antara lain   untuk melihat kedalaman trance klien, memastikan klien mengerti cara   mengistirahatkan tubuhnya, sebagai  sarana deepening yang baik. Contoh   yang saya pakai adalah klien dalam keadaan duduk. Pegang tangan klien dan   angkat, goyangkan lalu jatuhkan.   

Ulangi terus proses ini sampai tangan klien jatuh terkulai lemas ke   bawah. Anda bisa melakukan teknik ini pada salah satu atau kedua tangan   klien secara bergantian. Gunakan kalimat :  

Biarkan tangan anda lemas tanpa tenaga  
Saya angkat tangan anda   
(angkat dan goyangkan lembut tangan klien)      
Anda hanya memperhatikan kata-kata saya  
Nanti saat saya jatuhkan tangan anda, biarkan tangan anda jatuh   terkulai lemas tanpa tenaga   Terkulai lemas seperti kain yang basah  
Dan saat tangan anda menyentuh pangkuan anda, anda masuki  alam   tidur sepuluh kali lebih lelap dari sebelumnya  
 (jatuhkan tangan klien)   
Tidurlah lebih lelap dari sebelumnya  
Semakin lelap, semakin lelap  

Klien yang sudah mencapai trance terlihat dari gerakan tangannya   yang lemas tanpa tenaga saat anda jatuhkan. Sedangkan bila gerakan jatuh   tangan klien secara perlahan-lahan atau bahkan cenderung seperti ditahan   berarti klien belum mencapai trance atau kurang memahami kalimat anda,   untuk itu ulangi terus teknik ini untuk mengajarkan klien mengistirahatkan   tubuhnya sehingga memudahlkan proses menuju trance      

TARIKAN NAPAS  

Teknik Tarikan Napas adalah teknik yang sangat sederhana dan   efektif. Ide dari teknik ini adalah menghubungkan napas klien dengan   keadaan trance padahal manusia tidak pernah berhenti bernapas. Berikut   ini adalah contoh penggunaan teknik Tarikan Napas  
 Anda hanya mendengarkan suara saya  
Abaikan suara lain selain suara saya  
Rasakan dan niatkan untuk tertidur jauh lebih lelap setiap kali   menarik napas   Dan biarkan tubuh anda beristirahat lebih nyaman pada tiap   hembusan napas anda   Tarik napas, lebih damai, lebih lelap  
Buang napas, lebih santai, lebih rileks  
Tarik napas, lebih damai, lebih lelap  
Buang napas, lebih santai, lebih rileks  
Seiap tarikan dan hembusan napas anda mengirim jiwa dan piikran   anda tertidur semakin lelap semakin lelap dengan tetap mendengar   suara saya  

ANGKA  RELAKSASI  

Teknik Angka Relaksasi menggunakan kebalikan dari terminasi.  
Dalam terminasi pada umumnya digunakan hitungan angka naik untuk   kembali ke kesadaran normal sedangkan untuk melakukan deepening kita   bisa menggunakan hitungan mundur sebagaimana contoh di baawah ini.  

Saya hitung mundur dari tiga, dua dan satu  
Pada tiap hitungan mundur anda masuki alam tidur yang jauh lebih   dalam, lebih nyenyak dari sebelumnya   Satu,  
Masuki alam tidur SERATUS KALI lebih lelap, lebih dalam dari   sebelumnya   Semakin lelap, semakin dalam  
Dua,   
Masuki alam tidur SERATUS KALI lebih lelap, lebih dalam dari   sebelumnya   Semakin lelap, semakin dalam  
Tiga,  
Masuki alam tid   r SERATUS KALI lebih lelap dari sebelumnya   Tidur lelap dengan tetap mendengar suara saya  
Suara lain selain suara saya hanya membuat anda semakin lelap,   semakin lelap  

TURUN DALAM  

 Teknik ini merupakan teknik deepening dan   isolasi yang meggunakan imajinasi klien sebagai alat   utamanya. Klien diberi instruksi untuk membayangkan   hal-hal yang berhubungan dengan kata “turun” atau   “dalam”. Tentu saja lebih baik klien juga dibantu   dengan hitungan “mundur” dari hypnotist.  
Metode ini dapat anda ciptakan dan kreasikan sesuai keinginan anda   menjadi teknik eskalator yang bergerak turun, lift yang bergerak turun,   menuruni tangga dll.  

Berikut ini adalah contoh deepening dengan imajinasi menuruni tangga.  

Pada hitungan ke tiga nanti nada bayangkan bahwa anda sedang   berdiri di puncak anak tangga yang mempunyai 10 anak tangga di   bawahnya   Satu, mulailah membanyangkan anak tangga tersebut  
Dua, semakin jelas terlihat dihadapan anda   
Tiga, bentuk warna dan ukuran anak tangga tersebut sesuai dengan   keinginan anda   Jika anda sudah mulai melihat anak tangga tersebut anda anggukkan   kepala anda  
     (tunggu jawaban klien)      
Sekarang saya akan menghitung mundur dari sepuluh sampai satu   
Pada tiap hitungan mundur, anda menuruni anak tangga tersebut dan   tertidur lebih dalam, lebih lelap   Sepuluh, langkahkan kaki anda menuruni satu anak tangga ke bawah  
Semakin santai, semakin santai  
Sembilan satu langkah lagi menuruni anak tangga   
Abaikan lingkungan anda dan masukilah alam relaksasi yang sangat  nyaman dan sangat pribadi  
Delapan, semakin nyaman, semakin damai, semakin damai  
Tujuh, masuklah ka alam relaksasi yang lebih nyaman, lebih damai   pada setiap langkah anda menuruni tangga   Enam, anda semakin menikmati sensasi nyaman di dalam diri anda  
Tidurlah sangat lelap, sangat dalam  
Lima, anda semakin bergerak turun mendekati akhir anak tangga  
Tepat saat mencapai hitungn ke satu atau anak tangga terakhir,   anda langsung tertidur sangat lelap, sangat lelap   Empat, biarkan semua otot dan syaraf anda beristirahat bersama   ketenangan batin anda   Semakin santai, semakin damai  
Tiga, masuklah semakin dalam, semakin lelap  
Dua, tepat pada hitungan berikutnya anda biarkan tubuh dan jiwa   anda tertidur lelap   Semakin lelap, senakin damai dengan tetap merspon kalimat saya  
Satu, tidurlah sekarang  
Semakin dalam, sangat lelap  
Semakin dalam, tetap  merespon kalimat saya  

PENGUBAH GANGGUAN  

 Teknik ini sangat berguna dipakai saat klien berada di tempat yang   bising atau penuh gangguan. Ide dari teknik ini adalah memanfaatkan   gangguan yang ada sebagai alat untuk memperdalam trance klien. Dalam   trance, pikiran klien tidak bisa membedakan antara imajinasi dan   kenyataan sehingga jika anda menyebutkan gangguan yang ada sebagai   sarana deepening maka klien mewujudkannya seolah-olah hal itulah yang   sudah seharusnya terjadi.    

Contoh yang saya gunakan di bawah ini adalah gangguan berupa   suara berisik yang ditimbulkan oleh ketukan palu.  

Perhatikan dan dengarkan suara ketukan palu di sekitar anda  
Setiap ketukan yang anda dengar mengirim pikiran dan tubuh anda   masuk ke alam tidur yang sangat dalam   Sangat lelap, semakin  lelap  pada setiap ketukan yang anda dengar  
Biarkan jiwa anda terdorong masuk ke alam tidur yang lebih dalam,   lebih lelap pada tiap ketukan yang anda dengar   Semakin keras ketukannya, semakin lelap tidur anda  

BUKA TUTUP MATA   

Metode Buka Tutup Mata  mengajarkan klien untuk lebih merasa   nyaman menutup mata daripada membuka mata saat proses hypnosis.  

Teknik ini membuat mata klien menjadi berat dan lelah. Cara   penggunaannya sebagai berikut :      

Nikmati relaksasi yang sedang anda rasakan  
Anda semakin nyaman dalam istirahat anda  
Nanti ketika saya minat anda membuka mata, anda buka mata anda   
Dan saat saya meminta menutup mata, anda ttutup mata anda dan   rasakan kembali relaksasi yang anda rasakan sekarang atau bahkan   lebih nyaman dari sebelumnya   Jika anda mengerti anggukkan kepala anda  
    (tunggu respon klien)     
Sekarang buka mata anda  
   (tunggu sampai mata klien terbuka sebentar)     
Tutup mata nada  
Masuki alam relaksasi lebih dalam dari sebelunya  
Mata anda tertutup rapat, semakin berat, semakin mengantuk  

Ulangi terus proses buka tutup mata ini antara sepuluh sampai lima   belas kali. Kunci teknik ini adalah membuat mata kliem terbuka dalam   waktu yang sesingkat mungkin dan membiarkan mata klien dalam poisisi   tertutup selama mungkin. Saat menutup mata lebih lama, akhirnya klien   yang merasa matanya lelah nantinya lebih nyaman merasakan relaksasi   dengan menutup mata daripada membiarkannya terbuka. 

JAM PIKIRAN  

Jam pikran merupakan salah satu fenomena kehebatan pikiran   bawah sadar manusia. Karena manusia setiap hari selalu melewati waktu   sehingga akhirnya pikiran bawah sadar juga mempunyai prediksi waktu   yang relatif sama dengan jam yang kita gunakan sebagai penunjuk waktu.   Bahkan ketika saya memakai skrip ini kepada beberapa klien sekaligus dan   ternyata mereka terbangun pada waktu yang hampir bersamaan hanya   selisih beberapa detik saat masing-masing membuka mata, jadi kebanyakan   manusia mempunyai prediksi waktu atau jam pikiran yang relatif sama   dalam hal jam, menit, maupun detik.  
Jam pikiran biasanya diberikan kepada klien yang mengalami tidur   setelah menerima

Terminasi Tidur untuk memastikan bahwa klien   terbangun pada suatu waktu yang telah disepakati karena terkadang klien   membutuhkan waktu tidur hingga berjam-jam yang tentunya akan   merepotkan jika anda harus menungguinya. Berikut ini adalah contoh skrip   jam pikiran yang bisa anda gunakan sebagai bahan latihan :     

Setiap manusia mempunyai jam dalam pikirannya  
Bayangkan anda melihat jam tersebut, jam pikiran juga mempunyai   alarm yang bisa anda atur pemakaiannya  
Nanti ketika saya menghitung sampai hitungan ke satu, anda   lanjutkan pada tidur yang sesungguhnya   Lima sekarang adalah jam…   
   (sesuaikan dengan jam yang sebenarnya)     
Anda tertidur semakin lelap, semakin lelap  
Empat, anda atur alarmnya untuk 30 menit ke depan  
Tiga, nanti pada hitungan ke satu anda masuki alam tidur normal   dengan mimpi yang sangat anda sukai   Dua, apapun yang terjadi, anda terbangun dalam keadaan yang   sangat segar 30 menit lagi tepat saat alarm jam pikiran anda   berbunyi   Satu, tidurlah sangat lelap  

Terkadang kita menjumpai klien yang kurang memahami penggunaan   kalimat yang agak rumit. Jadi ketika anda mendapatkan klien seperti yang  saya maksud anda bisa menyederhanakan skripnya menjadi seperti berikut   ini :     

Nanti  ketika saya menghitung sampai hitungan ke satu, anda   lanjutkan pada tidur yang sesungguhnya   Lima sekarang anda semakin terlelap, semakin nyaman  
Abaikan lingkungan anda dan nikmati suasana tidur yang sangat   nyaman, sangat tenang   Anda tertidur semakin lelap, semakin lelap  
Empat, anda bahkan bisa mendapatkan mimpi terindah sesuai dengan   keinginan anda   Hal yang paling anda dambakan menjadi terwujud dalam mimpi anda   sehingga anda merasa sangat bahagia   Tiga, anda terbangun tepat 30 menit yang akan datang  
Anda bangun setelah mendapatkan mimpi indah tepat 30 menit yang   akan datang   Dua, apapun yang terjadi, anda terbangun dalam keadaan yang   sangat segar 30 menit yang akan datang   Jika anda mengerti anggukkan kepala anda  
    (tunggu respon klien)  
Satu, tidurlah sangat lelap