Senin, 21 Februari 2011

Serial Hypnosis : Contoh Script Induksi


SCRIPT 

TEKNIK KEJUTAN 

Pernahkah anda membayangkan mempunyai sebuah teknik yang  mampu membuat klien mencapai trance dalam hitungan detik? Jika belum  maka teknik ini adalah jawabannya. Ini adalah teknik paling cepat, mudah  dan efektif sepanjang pengalaman saya pribadi. 


Hindari menggunakan teknik ini jika anda belum merasa cukup berani  menggunakannya karena keberhasilan teknik ini ada pada ketegasan suara  dan keyakinan diri yang tinggi. 
Posisi klien berdiri tegak kedua kaki rapat. Hypnotist berdiri tepat  dihadapan klien. Tangan kanan hypnotist menjabat tangan  kanan klien dan menggoyangkannya santai ke kanan dan kiri terus menerus.  Tangan kiri hypnotist menyangga leher belakang klien dengan posisi agak  menekan. Klien dan hypnotist saling beradu pandang, hypnotist memandang  titik pangkal hidung klien. 

Tatap mata saya 
Tarik napas dalam dan hembuskan lewat mulut 
Tarik napas lebih dalam dan hembuskan lewat mulut 
Tarik napas dalam dan hembuskan lewat mulut 
Tarik napas lebih dalam dan hembuskan lewat mulut 

Ulangi terus sampai pandangan mata klien terlihat seperti tatapan  kosong (biasanya setelah 4-6 kali keluar masuk napas) dan tangan klien  semakin lemas saat anda goyangkan. Lanjutkan dengan : 

Sekarang tarik napas yang paling dalaaam 

Perhatikan saat klien menarik napas sangat dalam tunggulah sampai  kepala klien sedikit terdorong ke belakang (menunjukkan tarikan napas  yang sangat dalam), tepat saat itu lakukanlah hal-hal di bawah ini secara  bersamaan : 

·         Tarik dengan mendadak dan agak keras tangan kanan klien ke  arah bawah menuju tubuh anda. 
·         Saat menarik tangan klien katakanlah : TIDUR SEKARANG!! 
·         Tekan tangan kiri anda pada bagian belakang leher klien 
·         Lanjutkan dengan deepening seperlunya. Jika anda ingin klien tetap  dalam keadaan berdiri, anda cukup menopang tubuh klien dan gunakanlah  induksi berdiri seperti pada teknik Jarum Jam.

Untuk menngurangi resiko kegagalan penggunaan teknik Kejutan,  sebaiknya anda patuhi beberapa poin di bawah ini : 

- Rahasiakan nama teknik ini dari klien agar tetap menjadi sebuah  “kejutan” bagi klien  - Hindari penggunaan teknik ini secara terus-menerus di hadapan  calon klien. Calon klien yang pernah melihat teknik ini akan lebih  siap siaga menerima “kejutan” dari anda  - Jika klien belum mencapai trance meskipun matanya telah  tertutup dan menerima deepening anda bisa gunaakan teknik  Mata Berputar ke Atas.

Hypnotist harus menguasai minimal satu teknik yang paling sering  dipakai dan menguasai teknik lainnya untuk dipakai pada keadaan tertentu  termasuk saat induksi andalannya belum berhasil membawa klien ke dalam  trance. 

TANGAN BAJA 

Teknik Tangan Baja merupakan teknik yang banyak dipakai dalam  hypnosis panggung. Sebenarnya teknik ini merupakan tetknik yang mudah  sekali dipahami dengan logika sehingga kalimat induksi yang anda ucapkan  kepada klien harus jelas, tegas dan beruntun. Induksi yang beruntun atau  tanpa jeda dimaksudkan agar klien terlalu sibuk mendengarkan dan  mengikuti induksi tanpa ada kesempatan untuk menganalisa kejadian yang  sedang dialami. 

Jika berhasil secara sempurna maka teknik ini bisa membuat tangan  klien kaku dan sangat keras sehingga klien kesulitan untuk melipat,  mengangkat maupun menurunkan kedua tangannya. 

Hilangnya kemampuan klien untuk melipat, menaikkan maupun  menurunkan kedua tangannya adalah akibat dari tangan klien yang terus  menerus dikencangkan sehingga memang menyulitkan klien untuk  melakukan gerakan tersebut. Tangan manusia hanya bisa dilipat dan  digerakkan dengan leluasa saat dalam keadaan santai. 

Posisinya sama dengan Balon Beban tetapi kedua tangan dikepalkan  dan dikencangkan sekuat tenaga. Bacalah skrip ini dengan nada yang keras,  jelas dan cepat. Contoh ini klien dalam keadaan mata terbuka tetapi jika  anda menginginkan klien dalam keadaan menutup mata maka anda tinggal  melakukan penyesuaian kecil dalam akhir skrip ini. 

Manusia mampu mengendalikan seluruh tubuhnya sesuai kehendak  pikiran  Anda juga bisa berlatih mengendalikan bagian tubuh anda 
Anda saya latih untuk mebut kedua tangan anda menjadi kaku dan  keras seperti sebatang baja 
Sekarang rentangkan kedua tangan anda sejajar ke arah depan 
Kepalkan kedua tangan anda membentuk tinju yang semakin keras 
Niatkan untuk semakin mengencangkan kedua tangan anda pada  setiap tarikan napas anda  Semakin lama semakin kaku, semakin keras seperti sebatang baja 
Apapun yang terjadi anda tetap membuat kedua tangan anda  semakin kaku, semakin keras seperti sebatang baja  Jika anda meniatkannya, maka kedua tangan anda bisa menjadi  sangat keras, semakin keras seperti sebatang baja  Apapun yang terjadi anda tetap membuat kedua tangan anda  semakin kaku, semakin keras seperti sebatang baja  Niatkan untuk semakin mengencangkan kedua tangan anda pada  setiap tarikan napas anda  Sekarang ini tangan anda sudah sangat kaku, sangat keras seperti  sebatang baja  Dengan tangan anda sekarang yang tetap kaku dan keras seperti  baja, anda bahkan kesulitan untuk melipat kedua tangan anda  Dengan tangan yang tetap kaku dan keras seperti baja, silakan anda  melipat kedua tangan anda  Semakin kuat anda coba melipatnya maka kedua tangan anda  semakin kaku dan keras seperti baja  Semakin keras anda mencobanya maka anda pasti sangat kesulitan  melipat kedua tangan anda yang semakin keras dan kaku seperti  baja 

Perhatikan jika klien kesulitan melipat tangannya lanjutkanlah  dengan : 

Dengan tangan anda sekarang yang tetap kaku dan keras seperti  baja, anda juga pasti kesulitan untuk mengangkat kedua tangan anda  Dengan tangan yang tetap kaku dan keras seperti baja, silakan anda  mengangkat kedua tangan anda  Semakin kuat anda coba mengangkat keduanya maka kedua tangan  anda semakin kaku dan keras seperti baja  Semakin keras anda mencobanya maka anda pasti sangat kesulitan  mengangkat kedua tangan anda yang semakin keras dan kaku seperti  baja 

Perhatikan jika klien kesulitan mengangkat tangannya lanjutkanlah  dengan : 

tangan anda sekarang yang tetap kaku dan keras seperti baja, anda  juga pasti kesulitan untuk menurunkan kedua tangan anda  Dengan tangan yang tetap kaku dan keras seperti baja, silakan anda  menurunkan kedua tangan anda  Semakin kuat anda coba menurunkan keduanya maka kedua tangan  anda semakin kaku dan keras seperti baja  Semakin keras anda mencobanya maka anda pasti sangat kesulitan  menurunkan kedua tangan anda yang semakin keras dan kaku seperti  baja  Sekarang berhentilah mencoba menurunkan tangan anda 
Apapun yang terjadi anda tetap membuat kedua tangan anda  semakin kaku, semakin keras seperti sebatang baja  Niatkan untuk semakin mengencangkan kedua tangan anda pada  setiap tarikan napas anda  Nanti pada hitungan ketiga saya tutup mata anda dengan telapak  tangan saya  Secara bersamaan kedua tangan anda kembali menjadi normal dan  lemas tanpa tenaga  Satu, Dua, Tiga 
(Tutup mata klien dengan telapak tangan anda dan katakan  “TIDURLAH”) 

SKRIP TEKNIK PANDANGAN 

Skrip ini hanyalah contoh dan bisa anda kembangkan sendiri sesuai  kreativitas anda. Isilah bagian yang kosong dengan obyek yang harus di  pandang klien (mata, pendulum, jari dll). Ulangi terus skrip dibawah ini  samapi mata klien terlihat sangat lelah, berkedip, semakin menutup,  berwarna kemerahan atau bahkan mulai berair. Cara membacanya dengan  jelas, perlahan dan nada suara yang monoton. Tujuan suara monoton adalah  membuat otak sadar menjadi bosan dan lelah sehingga ada celah menuju  pikiran bawah sadar. 

Pandang dan perhatikan (…) 
Semakin anda memandangnya, maka seluruh tubuh anda menjadi  sangat santai, sangat kendor  Anda boleh memikirkan apapun tetapi anda tetap fokus pada (…) 
Semakin anda memandangnya, anda rasakan mata anda menjadi  sngat lelah, sangat berat  Mata anda mulai terasa lelah dan berat ketika andasemakin  memperhatikan (…)  Mata anda semakin lelah, semakin berat 
Perhatikan (…) dengan seluruh pandangan, pikiran dan kesadaran  anda  Semakin anda memandangnya, anda rasakan mata anda menjadi  sngat lelah, sangat berat 

Perhatikan terus mata klien, jika mulai merasa lelah biasanya  matanya akan berkedip. Saat mata klien mulai berkedip-kedip katakanlah : 

Mata anda mulai berkedip 
Kedipan anda semakin bertambah seiring kelelahan pada mata anda 
Semakin lama anda rasakan mata anda semakin lelah, semakin berat 
Anda sangat ingin menutup mata anda 
Mata anda terasa semakin berat dan semakin berkedip 
Saat mata klien sudah terlihat sangat lelah, katakanlah : 
Pada hitungan ke tiga anda tutup mata anda dan masuki alam tidur  yang sangat lelap  Satu, mata anda semakin lelah, semakin berat 
Dua, tepat pada hitungan berikutnya anda tutup mata anda 
TIGA, TIDUR SEKARANG!! 
(harus tepat saat klien menutup mata) 

BALON BEBAN 

Teknik Balon Beban sering dipakai dalam hypnosis panggung untuk  melihat tingkat kepekaan klien menerima induksi. Klien dengan respon yang  maksimal bisa dipilih sebagai “sukarelawan” dalam hypnosis panggung. 
Secara umum, anak-anak dan remaja lebih mudah menerima induksi dengan  teknik Balon Beban karena daya imajinasi mereka relatif kuat. 
Ide dari teknik ini adalah membuat pendengaran dan pikiran 
(ideosensory) klien sibuk serta meinta klien melakukan respon gerakan  (ideomotorik) sehingga pikiran dan tubuh klien kelelahan dan  mempermudah akses ke pikiran bawah sadar karena kritikan sudah  diminimalkan. 

Sekarang kita akan melakukan ujian kecil untuk konsentrasi anda 
Semakin anda mampu mengikuti dan merasakan arahan dari saya  berarti tingkat konsentrasi anda semakin bagus  Sekarang rentangkan kedua tangan anda sejajar ke arah depan 
Telapak tangan kanan teerbuka menghadap ke atas dan telapak  tangan kiri terbuka menghadap ke bawah  Nanti pada hitungan ke TIGA anda bayangkan bahwa saya  meletakkan sebuah beban yang sangat berat di tangan kanan anda  Bentuk, warna dan ukuran beban tersebut sesuai keinginan anda,  bayangkan, perhatikan dan rasakan bahwa beban tersebut benarbenar  ada di tangan kanan anda  Dan pada hitungan yang bersamaan, bayangkan tangan kiri anda  terikat oleh benang dari ratusan balon gas yang melayang tinggi di  udara  Anda mengerti? 
(tunggu respon dari klien dan jawablah jika ada pertanyaan) 
Sekarang tutup mata anda 
Satu…Dua…Tiga… 
Saat ini saya meletakkan beban yang sangat berat pada tangan  kanan anda  Sementara tangan kiri anda terasa semakin ringan, semakin  terangkat oleh ratusan balon gas yang melayang tinggi di udara  Semakin lama anda bisa semakin merasakan dan melihat beban  ditangan kanan anda semakin nyata dan semakin berat membebani  tangan kanan anda  Tangan anda semakin lelah, semakin lelah dan mulai bergerak turun  ke bawah  Semakin mudah untuk menurunkan tangan kanan anda dan sangat  sulit untuk mempertahankan tangan kanan anda  Tangan kanan anda terasa semakin lelah, terbebani, semakin lelah 
Setiap kali tangan kanan anda bergerak turun, maka pikiran anda  menjadi jauh lebih tenang, lebih damai  Semakin tenang, semakin damai pada setiap kali tangan kanan  bergerak turun ke bawah  Saat tangan anda sudah menyentuh pangkuan anda, anda lepaskan  beban di tangan kanan anda dan lemaskan seluruh otot di tubuh  anda  Sekarang tangan kiri anda tersa semakin ringan, semakin ringan,  semakin terangkat ke atas  Lihat dan perhatikan warna balon gasnya 
Berwarna-warni dan melayang semakin tinggi di angkasa 
Biarkan tangan kiri anda terangkat oleh ratusan balon gas yang  mengikatnya  Biarkan terbang dan melayang ke angkasa 
Setiap kali tangan anda bergerak naik maka anda niatkan untuk  membebaskan pikiran dan tubuh anda memasuki alam relaksasi yang  sangat nyaman  Semakin nyaman pada setiap bergerak naik 
Sampai pada tahap ini biasanya klien sudah mulai memasuki Alpha  (gunakan trance level test) lakukan deepening dengan cara berikut : 
Sekarang anda sudah sangat tenang dan santai 
Saya bantu anda memasuki alam istirahat yang jauh lebih nyaman 
Perhatikan bahwa saat ini satu-persatu ikatan di tangan kiri anda  mulai terlepas  Perlahan-lahan anda turunkan kembali tangan anda 
Setiap kali tangan anda bergerak turun maka pikiran dan tubuh  anda memasuki alam relaksasi yang jauh lebih nyaman  Semakin nyaman pada setiap gerakan turun 
Turunkan tangan kiri anda dengan lembut dan perlahan 
Nikmatilah proses memasuki alam istirahat yang sangat nyaman 
Nanti tepat ketika tangan kiri anda kembali menyentuh pangkuan  anda  Anda langsung memasuki alam tidur yang sangat lelap 
Anda mulai tertidur lelap dengan tetap merespon kalimat saya 

Klien merupakan individu yang berbeda satu sama lain. Begitu juga  tingkat kepekaan terhadap suatu kalimat induksi tentunya juga mempunyai  tingkat yang berbeda. Sangat mungkin hypnotist menemui respon yng  berbeda dari setiap klien yang menerima induksi ini, perbedaan respon  tersebut biasanya lebih kepada tingkat pemahaman klien terhadap  kejelasan kalimat induksi, keepatan respon alamiah, dan penggunaan gaya  komunikasi yang berbeda. Ada beberapa kemungkinan respon gerakan klien  yang anda temui dalam penggunaan teknik ini : 

- Tangan kanan bergerak turun, tangan kiri terangkat 
- Salah satu tangan yang merespon dan yang lain tidak bergerak 
- Kedua tangan tidak bergerak 

Respon maksimal klien terhadap induksi ini terlihat pada klien  dengan rentang jarak tangan yang terjauh. Jika hanya salah satu tangan  yang merespon atau sama sekali tanpa respon dari kedua tangan maka  sebaiknya perjelas kalimat induksi anda dan gunakan waktu yang cukup  untuk menunggu respon dari klien atau minta klien untuk kembali  meletakkan kedua tangannya di pangkuan lalu teruskan dengan Relaksasi  Penuh atau teknik lainnya. 

TANGAN MAGNET 

Teknik Tangan Magnet merupakan alat yang sangat ampuh untuk  menghadapi klien yang sulit sekalipun. Teknik ini menggunakan gejala  alamiah fisik maniusia dan dihubungkan dengan induksi sehingga klien  mertasa gerakan tubuhnya merupakan akibat dari kalimat dari hypnotist. 

Atau pada posisi duduk, siku klien harus menempel di permukaan  meja. Jari klien semuanya menempel ke permukaan meja. Pandangan mata  klien terpusat pada ujung jari tengah tangannya 

Bayangkan saat ini ada medan magnet tarik menarik sangat kuat  antara wajah dan telapak tangan anda  Perhatikan ujung jari tengah anda 
Semakin anda memperhatikannya, perlahan-lahan jari-jari anda  semakin santai dan mulai terngkat ke arah wajah anda  Jari-jari anda menjadi semakin ringan dan bergerak naik kearah  wajah anda  Semakin anda memperhatikan ujung jari tengah anda, perlahanlahan  kepala anda menjadi semakin berat, semakin berat, semakin  berat 
Medan magnet di wajah dan tangan anda tarik menarik semakin kuat 
Sekarang tekanlah siku anda kepermukaan meja dan rasakan tarikan  itu menjadi semakin kuat  Tangan anda semakin bergerak naik mendekati wajah anda 
Anda mulai merasa sangat santai dan lemas 
Nanti tepat saat tangan anda menyentuh wajah anda, anda tutup  mata anda dan tudurlah sangat lelap.
Anda bisa meneruskan atau mengulang-ulang skrip diatas dan tepat  saat tangan klien menyentuh wajahnya katakanlah dengan sangat tegas  “TIDUR SEKARANG” lalu lanjutkan dengan : 
Tidurlah sangat lelap, sangat lelap 
Perlahan-lahan turunkan kembali tangan anda ke meja 
Turunkan dengan sangat lembut dan perlahan 
Setaiap lkali tangan anda bergerak turun, maka anda masuki alam  tidur yang semakin lelap, semakin lelap  Anda semakin terlelap setiap kali tangan anda bergerak turun ke  bawah  Tepat saat tangan anda kembali menempel permukaan meja anda  istirahatkan seluruh otot dan pikiran anda  Tidurlah angat nyenyak dengan tetap merespon kata-kata saya 

Ini adalah teknik yang sangat efektif dipakai bahkan untuk klien  dengan visualisasi buruk sekalipun. Rahasia teknik ini adalah gerakan jari  manusia pada keadaan normal memang cenderung melipat ke dalam, jadi  jari-jari tersebut terangkat naik bukan karena “medan magnet” tetapi  memang kondisinya saat rileks memang pada posisi seperti itu. Sedangkan  siku tangan yang ikut terlipat sebenarnya merupakan gerakan biologis  manusia juga, siku menjadi kurang nyamam jika ditekan dalam keadaan  setengah terlipat sehingga menciptakan gerakan lipatan penuh untuk  menjadi lebih nyaman pada posisi ditekan. 

Anda juga bisa membuktikan sendiri teori ini dengan menekan kuat  siku anda ke permukaan meja, otomatis tangan anda pasti terangkat ke  atas membentuk lipatan penuh untuk menyesuaikan posisi yang nyaman. 

TANGAN LENGKET 

Teknik Tangan Lengket bisa digunakan dalam hypnosis massal. 
Hampir sama dengan teknik Tangan Baja, teknik ini menyibukkan pikiran  dan fisik klien sehingga tidak sempat menganalisa kejadian yang sedang  dialami. 
Teknik ini membuat tangan klien berada pada posisi yang memang  kurang nyaman untuk melakukan gerakan apapun. 

Anda bisa menggunakan contoh induksi berikut. 

Bayangkan saat ini kedua telapak tangan anda saya beri lem super  kuat 
(bergeraklah seakan-akan anda menuang lem pada telapak tangan  klien) 
Kemudian kedua tangan anda saya ikat dengan sebuah tali yang  sangat kuat 
(bergeraklah seakan-akan sedang mengikat kuat tangan klien dengan  tali) 
Semakin lama tali yang mengikat tangan anda menjadi semakin kuat  ikatannya  Sekarang tutup mata anda 
Jika anda berusaha memisahkan kedua tangan anda maka ikatan tali  tersebut jauh lebih kuat dari anda  Saya hitung sampai tiga 
Pada tiap hitungan kedua tangan anda menjadi semakin lengket dan  bersatu karena lem super dan ikatan di tangan anda  Satu, semakin lengket, erat dan menyatu 
Dua, lebih lengket, erat, kuat dan menyatu 
Tiga, kedua tangan anda sudah menyatu dan sangat erat 
Kedua tangan anda menempel sangat kuat satu sama lain 
Sekarang dengan kedua tangan yang menempel kuat satu sama lain  anda bahkan sangat kesulitan untuk memisahkan kedua tangan anda  Semakin keras anda mencoba memisahkannya maka ikatan tangan  anda semakin kuat dan semakin kencang dari sebelumnya  Silakan anda mencoba melepaskan tangan anda 
Semakin kuat anda mencoba memisahkannya, maka kedua tangan  anda menempel semakin kuat semakin erat 
Semakin kuat anda mencoba memisahkannya, maka kedua tangan  anda menempel semakin kuat semakin erat.

Rahasia teknik ini adalah posisi tangan yang memang sulit serta  pengulAngan kata erat dan kuat. Tanpa sadar klien malah menuruti kata  lengket dan kuat ini pada kedua tangannya. 

Kegagalan penggunaan teknik ini biasanya karena hypnotist ragu-ragu  dalam mengucapkan induksi sehingga klien punya kesempatan untuk  menganalisa keadaan tangannya.