Rabu, 16 Februari 2011

Serial Hypnosis : Tahapan Hipnosis


TAHAPAN HYPNOSIS  

Secara umum tahapan hypnosis adalah sebagai berikut :  
1.  PRA INDUKSI  
2.  INDUKSI  
a.  DEEPENING (opsional)  
b.  ISOLASI  (opsional)  
3.  SUGESTI  
4.  TERMINASI        


Untuk tujuan latihan dan mengasah kemampuan anda, anda bisa   melewatkan dulu tahapan sugesti karena kalimat sugesti yang salah bisa   berakibat reaksi yang salah pula dari klien. Jika anda sudah mahir   menghipnosis tanpa sugesti anda bisa mulai mencoba meakai sugesti sesuai   konsep yang saya cantumkan di buku ini atau anda bisa mengkreasikan   sugesti anda sendiri sesuai kebutuhan.  

PRA INDUKSI  
Pra induksi adalah semua hal dari diri anda yang dirasakan   ataupun dilihat oleh calon klien. Ini merupakan bagian paling   penting yang membuat calon klien menerima atau menolak induksi   dari anda. Pra induksi meliputi penampilan, komunikasi, dan   penanaman image diri anda di mata calom klien agar yakin akan   kemampuan anda di bidang ini. Sebaiknya kuasai dulu pengetahuan   seputar hypnosis sehingga anda bisa “kelihatan” ahli dalam   hypnosis.   

INDUKSI   
Teknik komunikasi verbal mauoun nonverbal yang nantinya anda   pakai untuk membawa klien menuju trane. Tujuan pengguanaan   teknik induksi adalah membawa klien langsung menuju trance atau   membuat klien mempercayai bahwa apapun yang terjadi padanya   merupakan akibat dari “kekuatan” kalimat anda.  

DEEPENING  
Teknik memperdalam tingkat trance klien. Untuk tahap   awal ini jika sudah mencapai Alpha sudah terbilang bagus tetapi   jika ingin memperdalam ke Theta anda bisa mulai menggunakan   deepening sederhana di buku ini.  

ISOLASI  
Teknik ini digunakan untuk mengurangi pengaruh   lingkungan luar yang mungkin mengganggu klien. Tidak wajib   digunakan tetapi sangat saya anjurkan pemakaian isolasi   sederhana yang ada di buku ini.  

SUGESTI  
Sebenarnya tujuan utama proses hypnosis adalah   memasukkan sugesti positif ke pikiran bawah sadar klien  Tetapi   sesuai tujuan pembuatan buku ini maka dalam praktik anda   sebaiknya hindari membuat sugesti yang berhubungan dengan   masalah-masalah emosi dan pikiran yang berat. Pada saatnya nanti   anda bisa melakukakan tindakan pertolongan pada berbagai kasus   jika sudah menguasai konsep hypnotherapy. Terkadang bantuan   yang kita berikan dengan cara yang salah justru bisa memperburuk   keadaan. Dalam buku ini ada contoh skrip untuk beberapa masalah   yang bisa dengan mudah dan aman anda pakai.   

TERMINASI  
Ini adalah proses mengakhiri hypnosis dengan membawa klien   kembali pada kesadaran normalnya.