Sabtu, 19 Februari 2011

Serial Hypnosis : Hypnosis Script (contoh)

RELAKSASI  

Relaksasi Metode I 

Kosongkan  pikiran  semua,  relaks,  nikmati  rasa keindahan  pada  seluruh  hidup  anda,  biarkan  setiap  pembuluh  darah  dan  setiap  syaraf  mengendor  dan  melemas dan relaks, lengan dilemaskan sekarang, seperti  boneka kain. Bagus…  


 Sekarang,  kirimkan  rasa  nyaman  ini  ke  seluruh  tubuh anda, mulai dari ujung kepala hingga ke ujung ibu  jari kaki anda. Biarkan setiap pembuluh darah dari syaraf  mengendor, melemas dan relaks. Anda sekarang sedang  merasakan lebih relaks dan santai lebih dalam lagi. 
 Sekarang kelopak mata terasa berat, mengantuk dan  makin mengantuk. Tenang dan santai. Anda merasa lebih  relaks, jangan ditahan rasa ngantuk ini, tidurlah …  


Relaksasi Metode II 

Tangan  anda  lemaskan,  terkulai  seperti  boneka kain. Ketika saya mengangkat tangan anda, biarkan seluruh  beban  tubuh  tergantung  lemas  pada  jari-jari  tangan saya.  Dan ketika saya dijatuhkan, kirimkan gelombang relaks ke  seluruh  tubuh  anda.  Seperti  anda  merasakan  menyentuh  tubuh  anda,  kirimkan  gelombang  relaks  mulai  dari  ujung  kepala  hingga  turun  menjalar  ke  seluh  tubuh  anda  dan  berakhir di ujung ibu jari kaki. Dan ketika anda melakukan,  Anda  mendapatkan  bahwa  dua  kaki  lebh  relaks  dari  sebelumnya.  Sekarang,  sekali  lagi  dengan  tangan  yang  sebelahnya (ulangi dengan tangan sebelahnya). 


Metode Tangga 

Pada saat ini saya akan membuat anda merasa jauh lebih  relaks  dan  nyaman,  sekarang  saya  akan  mulai  menghitung terbalik dari mulai hitungan 10 dan terakhir 1.  Pada  saat  saya  mengatakan  “sepuluh”  anda  harus  mula i  memejamkan mata. Pada saat itu pula, bayangkan seolah-olah mata anda melihat diri anda berada di puncak tangga  yang  paling  atas.  Pada  saat  saya  mengatakan  9  dan  seterusnya,  anda  akan  turun  selangkah  demi  selangkah.  Dari tangga tersebut dan merasa sangat relaks … hingga di  akhir  tangga  paling  bawah  ada  sebuah  tempat  tidur  yang  lengkap  dengan  bantal-bantal  yang  lembut  dan  nyaman.  Ketika  sudah  sampai  sana  anda  akan  tertidur  nyeyak di  tempat tidur tersebut dan nikmatilah tidur tersebut dengan  penuh rasa santai dan nyaman yang luar biasa. 


Contoh : 
Angka 10 : 

Mata tertutup pada puncak anak tangga. …. Sepuluh …  

Angka 9 : 

Relaks…, santai…, biarkan lepas. Sembilan …  

Angka 8 : 

Larut tenggelam dalam perasaan nyaman, tenang, posisi  kedamaian  Tujuh …  

Enam …  

Lima  …  melangkah  menuruni  anak-anak  tangga,  semakin relaks. 

Empat …  

Tiga  …  tarik  nafas  dalam-dalam,  hembuskan  perlahan-lahan. 

Dua  …  menuju  hitungan  selanjutnya,  angka  satu  ,  menuju ke tempat tidur, tenang, … damai, makin rela ks  …  Satu … tidurlah ke kasur berbulu lembut, biarkan se tiap  pembuluh  darah  melemas  dan  setiap  urat-urat  syaraf  mengendur  dan  lepas  supaya  anda  lebih  tenang,  damai  …. 



Metode Membuat Tangan Kaku 

Angkat  dan  kakulah  lengan  anda,  kepalkan  (tolonglah subyek mencapai posisi ini, kemudian lepas).  Bagus…  seperti  batangan  baja,  kaku  dan  kuat.  Begitu  kaku dan keras dan begitu kuat, semakin anda mencoba  untuk membengkokkan, akan semakin kaku dan kencang.  Cobalah untuk menurunkan dan membengkokkan lengan  anda  dan  lihatlah  dia  kan  terkunci,  kaku  dan  keras  Semakin  keras  anda  berusaha  melakukannya  semakin  kaku.  Baiklah  …  ketika  saya  menyentuh  dahi,  tangan  anda  akan  jatuh  lemas  dan  anda  akan  dalam  keadaan  tertidur lelap. 


Metode Menjatuhkan Tangan (Induksi/Intruksi untuk Menghipnotis) 

 Subyek diminta untuk mengangkat sebelah lengan  agar supaya berada sedikit di atas kepala dan beri sugesti.  Ada  beberapa  aspek  atas  indikasi  ini  dimana  hal  tesebut  memerlukan  pehatian  khusus.  Pertama,  lengan  diletakkan  pada  posisi  lepas,  seperti  kelelahan.Gerakan  menurun  dikencangkan  ke  bawah  bagian  dalam  relaksasi.  Kesungguhan  pribadi  untuk  berpegangan,  selebihnya  disertakan  saran  dengan  menyatakan  secara  secara  tidak  langsung  sebuah  pertanyaan  :”Anda  tidak  akan  menuju  daerah yang terdalam dari relaksasi hingga seluruh lengan  terkulai  artinya  tentu  saja  bahwa,  “Anda  akan  menuju  kebagian tersebut ketika seluruh lengan terkulai” 


Berbicara kepada subyek 

 (Angkat  lengan  pasien  agar  supaya  sedikit  di  atas  kepala). Pandangan lurus ke arah jari jemari, terutama ke  jari tengah. 


Anda  boleh  terus  memandangnya  atau  pejamkan  kedua belah mata anda dan visualisasikan°ke dalam pikiran  anda. Ketika anda mecamkan dalam ingatan apa yang yang  telah anda pandang tadi, anda akan perhatikan bahwa jari jari  yang  lain  cenderung  keluar  dari  fokus  dan  lengan  anda  melalui terasa berat dan semakin berat. Sem'akin lama anda  berkonsentrasi  kearah  jari-jemari  tersebut  lengan  anda  menjadi  semakin  berat  dan  berat.  Tetapi  anda  tidak akan  pergi kebagian yang terdalam dari relaksasi tersebut. Hingga  lengan anda terkuiai kebawah. Tetaplah berkonsentrasi pada  jari jari tersebut sementara lengan anda terasa semakin berat  dan berat dan berat. [Ketika bergerak turun menjadi semakin 
nyata] Perhatikan bahwa ketika lengan terasa berat proses  tersebut  berjalan  perlahan-lahan;  turun  perlahan-lahan,  turun.... turun....makin turun ......lebih turun lagi ... semakin  turun  [komentar  selanjutnya  :  Sugesti  harus  dihitung  dengan pergerakan tangan yang actual ]. 


Teknik dua Jari 

Pada saat lengan anda diletakkan di atas kedua belah paha  anda,  seperti  ini  [beri  contoh  tersebut  pada  pasien].  Sekarang saya ingin anda melihat ke arah tangan saya. Pada  saat  saya  angkat  tangan  saya  ke  atas  di  depan  mata anda  sepert ini [demonstrasikan jari telunjuk dan jari tengah dari  tangan  kanan  pada  posisi  huruf  "V"  pada  posisi  tepat  di  atas alis  mereka] Ketika saya  melakukannya, tangan saya  akan melintas turun di depan mata anda. Tahan pandangan  mata anda pada jari tangan saya. Ketika saya menurunkan  tangan saya, biarkan kelopak mata anda terpejam perlahhan-lahan. [Bawa tangan lurus ke bawah, satu jari bergerak turun  melintas tiap mata]. 

[Gerakkan jari-jari pada posisi huruf "V" tepat di atas  alis mata agar mereka dapat memandang jari terakhir]  baiklah, sekarang pusatkan pandangan mata anda pada jari-jari  saya.  Saya  akkan  menurunkan  tangan  saya  tepat  di  depan mata anda, dan seperti saya lakukan, biarkan kelopak  mata anda terpejam perlahan-lahan. [Bawa tangan lurus ke  bawah, satu jari bergerak turun melintas setiap mata]. 

Sekarang  mata  anda  tertutup.  Saya  ingin  anda 

mengendurkan  setiap  pembuluh  darah  dan  urat-urat  syaraf  di  sekitar  kelopak  mata  anda.  Saya  ingin  anda  mengendurkan semuanya agar tidak berfungsi bahkan anda  menginginkannya.  Sekarang,  cobalah  untuk  melakukan  pengetesan;  anda  akan  melihat,  bahwa  anda  sukses  [jika  mereka membuka mata, katakan untuk rileks kembali, saat  ini  Iebih  Iengkap  lagi.  Jika  mereka  tidak  membuka  mata  mereka,  berhentilah  seiama  tiga  detik  dan  kemudian  teruskan lagi]. 

Baiklah,  bagus,  Sekarang,  berhentilah  mencoba  dan 
tetap  rileks  dan  terlelap.  Sekarang  saya  akan  mengangkat  tangan anda. Saya akan melakukan memegang ibu jari kanan  anda dengan jari jari saya seperti ini. [Pegang ibu jari diantara  ibu  jari  dan  jari  telunjuk  -  yakinkan  pegangan  anda  telah  menggunakan  ibu  jari  yang  tepat.  Ketika  saya  mengangkat  tangan anda, tolong lemaskan di dalam pegangan jari tangan  saya  [sebagai  tambahan;  sedikit  dibelakang  lengan  dan  selanjutnya]  Kemudian  ketika  saya  jatuhkan,  biarkan  dia  jatuh seperti boneka kain yang basah. Ketika anda menyentuh  tubuh  anda,  ketika  dia  jatuh,  kirimkan  gelombang  atau  relaksasi  mulai  dari  ujung  kepala  anda  hingga  turun  kke  seiuruh  tubuh  sanpai  ke ujung jari  kaki anda.  Hal  i.tu akan  memberikan dua kali tingkatan dari relak. 

[Angkat  tangan,  dan  keraskan]  Sekarang,  saya  akan 

mengangkat  tangan  anda.  Ya  biarkan  iemas,  Bagus ................sekarang ketika saya jatuhkan, biarkan dia jatuh 

lemas dengan sendirinya, seperti kain basah, dan ketika dia  menyentuh  tubuh  anda,  kirimkan  gelombang  dari  relaksasi  mulai  dari  ujung  kepala  onda  hingga  ujung  jari  kaki  anda  [jatuhkan  tangan].  Bagus  sekali.  Sekarang  kita  lalukakan  lagi  dengan  tangan  sebelah  kiri.  Sekarang  saya  akan  mengembil  tangan kiri anda, dan ketika saya pegang ibi jari anda, biarkan  lemas,  [sebagai  tambahan;  sedikit  belakang  lengan  dan  selanjutnya]. Bagus sekali, sekarang anda mendapat ide. Ketika  saya  jatuhkan  biarkan  dia  jatuh  seperti  kain  basah.  Ketika  tangan tersebut menyentuh tubuh anda, kirimkan gelombang  relaksasi  mulai  dari  ujung  kepala  anda  hingga  ke  ujung  kaki  anda  dan  dua  kali  tingkatkan  dari  relaksasi  anda  peroleh  [jatuhkan tangan] bagus ............................................................. 


Sekarang  tubuh  anda  dikendorkan  dan  saya  akan 

menunjukkan  pada  anda  bagaimana  cara  mengistirahatkan  pikiran  anda.  Dengarkan  dengan  hati-hati. Pada  saat  berikutnya ketika saya menyentuh dahi anda, saya ingin anda  mulai menghitung mulai dari seratus [dengan cara di hitung  mundur];  Seratus  tidur  lelap.  Sembilan  puluh  sembilan, 
tertidur  lelap,  Sembilan  puluh  delapan  tertidur  lelap  dan  seterusnya.  Setelah  menghitung  beberapa  kali,  pada saat  hitungan ke sembilan puluh tujuh atau sembilan puluh enam  atau  mungkin  kehitungan  ke  sembilan  puluh  lima,  anda  akan mendapatkan angka-angka tersebut menghilang. Anda  akan  mendapatkan  pikiran  anda  menjadi  sangat  rileks  dan  karenanya anda tidak akan sadar. 

Baiklah, siap sekarang, tiga, dua satu, [sentuh dahi pasien] 

Mulai  menghitung  [dengarkan  ketika  dimulai  menghitung  mundur.  Berdasarkan  kecepatan  rata-rata,  anda  mungkin  dapat pernyataan berikutnya]. Bagus, pelankan dia sekarang,  [setelah  setiap  hitungan,  katakana  salah  satu  dari yang  berikutnya]  bagus.  [Setelah  hitungan  ke  sembilan  puluh  tujuh katakan" .......]. Mulai rileks kan pikiran anda. [Setelah 


beberapa  hitungan  selanjutnya,  berdasarkan  penampilan  si  asien,  katakana]  biarkan  pikiran  anda  rileks.  Setelah  beberapa  hitungan  selanjutnya,  berdasarkan  penampilan  si  pasien, katakan] biarkan pikiran anda rileks. [Pada hitungan  yang  lain]  Biarkan  pikiran  anda  melayang  sepenuhnya.  Setelah  pasien  berhenti  menghitung  lanjutkan  dengan]  Bagus, tubuh andda rileks, pikiran anda pun demikian, anda  telah mencapai kondisi terhipnotis sepenuhnya. 


Metode Langsung Jadi [Instantaneous Method]  Berdiri menghadap saya, Benar, sekarang melangkah ke  depan  [letakkan  tangan  kanan  ke  kepala  pasien,  untuk  mendukung  tengkorak  kepala. Pegang lengan kanan pasien  pada sikunya dengan tangan kiri]. Dekatkan kedua telapak  kaki bersama-sama. Benar, Tarik napas dalam-dalam [Tarik  Iengannya  secara  tiba-tiba  dengan  sentakan  ringan  keaah  anda]. Tidur sekarang. [Jika kaki yang bersangkutan mulai  menekuk]  seperti  seekor  kuda,  dapat  berdiri  dan  tertidur  tanpa  kehilangan  keseimbangan,  kaki  anda  terlalu  kuat  menyangga  tubuh  anda,  anda  dapat  berdiri  dan  tertidur. 
menjadi  yang  jelas,  mantap  dan  lancar  dalam  nada  yang  positif  serta  meyakinkan.  Hal  ini  di  mungkinkan  dengan  melatih sendiri suara Anda d l m  percobaan-percobaan  yang  Anda  lakukan.  Dengan  suara  yang  balk  dan  berwibawa,  setiap  sugesti  yang  Anda  lancarkan  dengan  lisan,  akan  mempunyai  kekuatan  yang  tanVuh,  yang  dapat mempengaruhi dan menaklukkan kemauan suyet 
[Sebagai  ganti  dari  "horse  description"]  Kaki  anda kaku  dan  keras  menopang  tubuh  anda  ketika  anda  berdiri  tegak  dan  tegang / kaku.  

Disadur dari buku hipnotisme